4 Pekerja Peternakan Unggas di Colorado, AS, Terinfeksi Flu Burung

Empat pekerja peternakan unggas di Colorado, AS, positif flu burung. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengkonfirmasi empat pekerja peternakan unggas di Colorado, AS, positif terinfeksi flu burung. Satu orang lainnya masih menunggu konfirmasi CDC.

Dikutip dari Science Alert, Jumat (19/7/2024), menurut laporan Departemen Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Colorado, para pekerja yang terinfeksi ini adalah orang yang bertugas untuk memusnahkan unggas yang sakit.

Apa Saja Gejala Flu Burung pada Manusia?

Lima orang pekerja ini menunjukkan gejala mata merah dan berair, serta gejala flu seperti demam, menggigil, batuk, dan sakit tenggorokan.

Pemerintah setempat pun meminta ahli kesehatan untuk menemukan strategi penularan flu burung dengan baik.

Saat ini, belum diketahui secara pasti alasan unggas di peternakan bisa terinfeksi flu burung. Ada hipotesis bahwa virus H5N1 ditularkan dari sapi perah ke unggas.

"Urutan genom sampel dari peternakan unggas memastikan jenis genotipe virus flu burung pada unggas, sama dengan yang ada pada sapi perah di sekitarnya," kata pejabat senior Departemen Pertanian AS, Eric Deeble.

Studi: Virus Flu Burung Bisa Bertahan di Susu Mentah

Sebelumnya, CDC mengkonfirmasi bahwa ada dua orang pekerja di peternakan sapi yang terinfeksi flu burung.

Meskipun belum cukup menunjukkan penularan antarspesies, hipotesis ini menjelaskan virus flu burung dapat berkembang biak dengan mudah di inang jenis apa pun. Alasan inilah yang menyebabkan para peneliti di AS khawatir. 

Makin banyak inang atau spesies yang dapat dilewati virus jenis ini, makin efisien pula penyebarannya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//