Apa Saja Gejala Flu Burung pada Manusia?

Kontak langsung dengan unggas bisa membuat virus flu burung menular ke manusia, lho. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Penyakit flu burung tidak hanya menular dari unggas ke unggas. Manusia pun juga bisa tertular virus flu burung.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, Senin (24/6/2024), Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Achmad Farchanny Tri Adryanto, M.K.M., mengatakan penularan penyakit itu bisa terjadi melalui kontak langsung dengan unggas atau binatang lain yang sakit.

Bahkan, produk unggas yang sakit karena infeksi H5N1 juga bisa menularkan virus avian influenza kepada manusia.

Antisipasi Penularan Flu Burung, Daftar Strain Virus Ini Jadi Perhatian Pemerintah

“Penularan bisa terjadi di lingkungan, pasar, kandang unggas, halaman, kebun, atau peralatan yang tercemar virus, baik dari tinja maupun unggas yang terserang flu burung,” kata Fachranny di Jakarta.

Dia menjelaskan penularan flu burung melalui makanan, bisa terjadi jika produk unggas dikonsumsi dalam bentuk mentah atau tidak dimasak sempurna di wilayah yang dicurigai ada hewan atau manusia yang terinfeksi H5N1.

Lalu, apa saja gejala-gejala flu burung pada manusia? Pada umumnya, kata dia, gejala klinis flu burung (H5N1) pada manusia mirip dengan flu biasa. Misalnya, demam lebih dari 38 derajat Celsius, batuk, dan nyeri tenggorokan.

Duh, Sapi dan Kambing di AS Terinfeksi Flu Burung

Kemudian, gejala-gejala lainnya adalah pilek, sakit kepala, nyeri otot, infeksi selaput mata, diare, atau gangguan saluran cerna. Gejala sesak napas menandai kelainan saluran napas bagian bawah yang bisa memburuk dengan cepat.

Nah, kalau sudah ada gejala ini, Fachranny menyarankan untuk segera ke fasilitas kesehatan.

“Segera ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila mengalami gejala sakit suspek flu burung dan ada riwayat kontak dengan faktor risiko,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//