Rendang Mejeng di Google Doodle, Kenapa ya?

Rendang menjadi `model` Doodle hari ini, Rabu (21/8/2024). (Foto: Tangkap layar Google Doodle)

FAKTA.COM, Jakarta – Hidangan khas Minangkabau, rendang, mejeng di Google Doodle hari ini, Rabu (21/8/2024). Mengapa makanan ini ditampilkan sebagai doodle hari ini?

“Doodle merayakan rendang, hidangan lezat khas Indonesia yang dibuat dengan santan,” tulis Google.

Tari Rangkuk Alu, Tarian Tradisional yang Mejeng di Google Doodle Hari Ini

Disebutkan juga bahwa bahwa makanan ini sudah diakui sebagai hidangan nasional Indonesia dan ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tanggal 21 Agustus pun ditetapkan sebagai Hari Rendang. Ini mengacu kepada momen bersejarah ketika gubernur Sumatera Barat menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia untuk acara memasak rendang daring terbesar sepanjang masa.

Rendang bermula pada abad ke-16. Kala itu, masyarakat Minangkabau mengadaptasi teknik memasak kari, tetapi proses memasak lebih lama sehingga kuahnya mengental.

Mengenal Aminah Cendrakasih, Model Google Doodle Hari Ini

Hidangan ini juga diketahui telah menyebar ke berbagai penjuru dunia, terutama melalui migrasi dan perdagangan yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Makanan ini pun menjadi populer di negara-negara lain, seperti Malaysia dan Singapura.

Google mencatat berbagai budaya memberikan sentuhan tersendiri pada rendang. Misalnya, di Filipina, rendang menggunakan rempah-rempah asli yang dicampur dengan buah palapa dan gula muscovado.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//