Tari Rangkuk Alu, Tarian Tradisional yang Mejeng di Google Doodle Hari Ini

Tari Rangkuk Alu tampil di Google Doodle. (Tangkap layar laman Google)

FAKTA.COM, Jakarta - Ada yang beda pada Google Doodle hari ini. Google menampilkan Tari Rangkuk Alu.

"Animasi Doodle merayakan Tari Rangkuk Alu, sebuah tarian yang berasal dari permainan tradisional Rangkuk Alu di Manggarai, Indonesia yang melibatkan manuver melalui jaring bambu yang bergerak," tulis Google dikutip pada Senin (29/4/2024).

Mengenal Aminah Cendrakasih, Model Google Doodle Hari Ini

Sekadar informasi, Tari Rangkuk Alu berasal dari permainan tradisional yang bernama Ranku Alu atau Rankuk Alu. Kesenian tradisional ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Suku Manggarai. Sekadar informasi, Suku Manggarai merupakan suku yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur.

Nah, pada permainan ini, tongkat bambu disusun berbentuk "jaring kotak" di tanah. Beberapa pemain menggerakkan jaring bambu terus-menerus sesuai irama, sementara itu pemain lainnya bergerak-gerak menghindari bambu.

Tari Rangkuk Alu. (Dokumen Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat) Tari Rangkuk Alu. (Dokumen Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat)

Disebutkan juga penari memakai rok panjang, hiasan kepala, serta melambaikan ujung selendang ketika menavigasi bambu.

Kapal Pinisi Mejeng di Google Doodle Hari Ini

Selain menghibur, ternyata tarian tradisional ini bisa melatih ketangkasan, keseimbangan, dan koordinasi. Para penari pun juga harus fokus untuk menghindari “sentuhan” bambu.

Dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Tari Rangkuk Alu dulu dimainkan usai panen raya dan bulan purnama. Kesenian ini juga kerap diiringi lagu daerah selain alat musik tradisional.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//