Jokowi-Biden Serukan Rusia Tarik Diri dari Ukraina

Presiden Joko Widodo bertemu Presiden AS, Joe Biden. (Dokumen BPMI Setpres/Laily Rachev)

FAKTA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo dan Presiden AS, Joe Biden, baru saja bertemu di Gedung Putih, Washington DC, AS. Salah satu hal yang dibahas adalah ketegangan politik Rusia dengan Ukraina.

Kedua pemimpin ini menyerukan Rusia untuk menarik diri dari Ukraina.

 “Para pemimpin membahas perang melawan Ukraina dan menyerukan Federasi Rusia untuk sepenuhnya menarik diri dari wilayah Ukraina,” tulis pernyataan bersama Indonesia-AS, dikutip dari laman White House dan Kementerian Luar Negeri, Selasa (14/11/2023).  

Jokowi Akan Sampaikan Resolusi KTT OKI saat Bertemu Biden

Seruan ini menekankan agar perdamaian yang adil dan abadi terwujud berdasarkan prinsip-prinsip Piagam PBB, termasuk integritas wilayah, kedaulatan, dan kemerdekaan politik Ukraina.

Joint statement ini juga menyebut bahwa AS dan Indonesia bersama-sama mendukung perdamaian den denuklirisasi di Semenanjung Korea. Keduanya juga mendesak pihak-pihak yang terkait untuk memenuhi kewajiban dan komitmen internasional berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Dorongan Jokowi terhadap Negara OKI untuk Bersatu Tangani Krisis Gaza

Sekadar informasi, dalam pertemuan ini, Indonesia dan AS meningkatkan kemitraan menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP). Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kerja sama ekonomi menjadi hal prioritas.

"Termasuk dalam masalah rantai pasok," kata Jokowi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//