Jokowi Akan Sampaikan Resolusi KTT OKI saat Bertemu Biden

Presiden Joko Widodo.

FAKTA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di AS, hari ini, Senin (13/11/2023) untuk berjumpa dengan Presiden AS, Joe Biden. Salah satu hal yang akan disampaikan kepada Biden adalah resolusi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung oleh akun Youtube Sekretariat Kabinet hari ini, Jokowi menghadiri KTT OKI belum lama ini untuk membahas kondisi di Gaza, Palestina. 

Bertemu Menlu AS, Presiden Palestina Desak Gencatan Senjata di Gaza

Alhamdulillah, KTT OKI menghasilkan resolusi yang memberikan pesan yang sangat kuat bagi dunia. Pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden,” kata dia.

Jokowi mengatakan resolusi itu merupakan suara dari 57 negara. “Atau sepertiga suara negara di dunia,” kata dia.

Sekadar informasi, dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri, ada 31 resolusi yang dihasilkan dalam KTT OKI. Beberapa di antaranya adalah mengecam agresi Israel di Gaza, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk bertindak menghasilkan resolusi sehingga kekejaman harus segera diakhiri, serta memberikan mandat kepada Sekretariat OKI dan Liga Arab untuk membuat joint media monitoring unit yang akan mendokumentasikan semua kejahatan yang dilakukan oleh Israel.

Resolusi ini menolak usulan memisahkan Gaza dari Tepi Barat, temasuk Yerusalem Timur. Resolusi itu menegaskan Gaza dan Tepi Barat merupakan satu kesatuan.

“Saya akan menyampaikan pesan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. (Dia) yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikan kepada Presiden Biden,” kata dia.

Arti Semangka, Buah yang Ramai Dipakai untuk Dukung Palestina

Selain gencatan senjata harus terwujud, perdamaian dimulai, dan bantuan kemanusiaan dipercepat, Jokowi juga menekankan Israel harus bertanggung jawab terhadap kekerasan yang terjadi di Gaza.

“Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan. Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//