Israel Klaim Temukan Terowongan Besar Milik Hamas

Terowongan besar yang diklaim milik Hamas. (Tangkap layar akun X IDF @IDF)

FAKTA.COM, Jakarta – Pasukan Israel menemukan terowongan besar di dekat perbatasan Gaza, Palestina. Israel mengeklaim terowongan itu milik Hamas.

Dikutip dari Al Arabiya, Senin (18/12/2023), terowongan itu terletak di perbatasan Erez, antara Gaza dengan Israel. Lokasinya berada di 100 meter dari selatan pos pemeriksaan dan tersembunyi di bawah bukit pasir.

Israel Ngotot Tetap Perang meskipun Ditekan Internasional

Disebutkan bahwa terowongan ini terbuat dari beton dan besi yang besar serta memiliki kedalaman 50 meter. Tinggi dan lebarnya pun diperluas mencapai 3 meter dan disertai dengan peralatan listrik.

Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari, memperkirakan terowongan ini sejauh 4 km dan cukup mencapai bagian utara Gaza.

“Itu adalah terowongan terbesar yang kami temukan di Gaza yang dimaksudkan untuk menargetkan perbatasan,” kata Hagari tanpa menjelaskan secara detail apakah terowongan ini digunakan untuk serangan 7 Oktober 2023 atau tidak.

Hagari mengatakan terowongan itu menelan investasi jutaan dolar AS dan pembangunannya memerlukan waktu bertahun-tahun. Dikatakan juga bahwa kendaraan pun bisa melalui terowongan ini.

Israel Dikabarkan Tahu Rencana Serangan Hamas pada 7 Oktober 

Dikatakan bahwa terowongan ini menjadi tantangan bagi Israel. Mereka khawatir fasilitas itu menjadi tempat Hamas menyembunyikan sandera.

Al Arabiya menyebutkan bahwa Hamas tidak menanggapi permintaan Reuters terkait penemuan terowongan besar itu.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//