6 Cara Atasi Rem Blong pada Mobil

Ilustrasi mengemudi mobil. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Rem blong menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Saat itu, rem tidak bisa bekerja dengan baik.

Melansir laman NTMC Polri, Minggu (24/9/2023), salah satu kecelakaan yang berkaitan dengan rem blong adalah truk fuso padi yang menabrak satu orang ketika masuk ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada Sabtu (23/9/2023). Diduga truk itu mengalami rem blong. Tabrakan ini membuat satu orang meninggal dunia.

Lalu, apa itu rem blong? Melansir laman Nissan Indonesia, rem blong merupakan disfungsi rem yang menyebabkan pengereman tidak bekerja baik. Seorang pengemudi mobil bisa mengantisipasi rem blong dengan tepat.

Berikut ini adalah lima cara menghadapi rem mobil tiba-tiba blong dan mengurangi potensi kecelakan.

608 Mobil Listrik dari Empat Produsen Bantu Kebutuhan Transportasi KTT ASEAN

1. Menurunkan Gigi Secara Bertahap

Ketika kamu mengetahui rem kendaraan blong, segeralah turunkan gigi secara bertahap dari tinggi ke rendah. Ada kemungkinan putaran rotasi per menit (RPM) akan menjadi sangat tinggi ketika gigi turun, tapi ini tidak masalah karena gigi diturunkan perlahan. Teknik ini bernama teknik pengereman mesin.

2. Memanfaatkan Rem Tangan

Ketika mesin direm, kamu juga harus mengimbangi dengan rem tangan. Rem ini akan menurunkan kecepatan secara efektif. Kamu harus menurunkan gigi terlebih dahulu, barulah gunakan rem tangan untuk menurunkan laju kendaraan.

Perlu diingat, rem tangan harus digunakan di langkah kedua. Rem ini bisa menghentikan ban dan menyebabkan selip sehingga memungkinkan kendaraan bisa terbalik.

3. Tidak Mematikan Mesin

Mematikan mesin kendaraan mengalami rem blong akan membuat kamu susah mengendalikan lajunya, apalagi mobil yang punya power steering. Sebaiknya, pertahankan mesin agar tetap menyala.

Kamu bisa melihat sisi kanan dan kiri, kemudian menepi. Saat menepi, pastikan juga menyalakan tanda darurat.

4. Menjauhkan Kaki dari Pedal Gas

Kamu sudah mendapatkan kontrol penuh terhadap mobil. Tapi, pastikan tidak menginjak pedal gas dengan menjauhkan kaki dari pedal ini, ya.

Penjualan Mobil Kembali Melesat

5. Mengguncangkan Pedal Rem

Kamu bisa mengguncangkan pedal rem. Bisa jadi rem blong terjadi karena kesalahan di sistem. Meskipun rem sudah berfungsi kembali, segeralah bawa kendaraan langsung ke bengkel terdekat agar bisa langsung diperbaiki.

6. Membenturkan Kendaraan jadi Opsi Terakhir

Bagaimana jika tidak bisa berhenti? Upaya terakhir adalah menabrakkan mobil ke sesuatu yang lunak. Disarankan ke area berlumpur. Tapi, kalau tidak ada, kamu bisa menabrak pasir, pagar kayu, atau hal-hal yang aman untuk berbenturan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//