608 Mobil Listrik dari Empat Produsen Bantu Kebutuhan Transportasi KTT ASEAN

Dokumen Asean2023

FAKTA.COM, Jakarta - Sebanyak empat produsen kendaraan listrik di Tanah Air siap meminjamkan unit mobilnya sebagai moda utama transportasi dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) tahun 2023. Rencananya terdapat 608 unit kendaraan yang akan digunakan untuk menjamu para kepala negara, pejabat setingkat menteri, serta delegasi lainnya.

Corporate Communications Department PT BMW Indonesia, Jodie O'tania mengatakan, pihaknya bakal menyediakan sebanyak 36 unit BMW i7 xDrive60 Grand Lusso. Mobil buatan Jerman keluaran terbaru tersebut telah langsung kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Syarat Beli Motor Listrik Bersubsidi Diperlunak Hanya dengan KTP

Rencananya, mobil tersebut akan dikemudikan oleh prajurit pasukan pengamanan presiden (Paspampres). "Kami memberikan semacam pelatihan khusus kepada pihak Paspampres bagaimana cara mengendarainya. Termasuk mempelajari fitur-fitur khusus yang disematkan di BMW i7," kata Jodie sebagaimana dikutip dari laman Resmi KTT ASEAN 2023, Senin (4/9/2023)

Adapun tiga produsen mobil yang turut membantu penyediaan kendaraan listrik di KTT ASEAN 2023 yaitu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Wuling Motors Indonesia (WMI). Hyundai rencananya akan menyediakan 74 unit IONIQ 6 dan 272 unit Hyundai IONIQ 5.

Sementara, Toyota juga akan meminjamkan sebanyak 76 unit Toyota Bz4X yang bakal digunakan untuk transportasi para pejabat Asean setingkat menteri. Terakhir, ada Wulings yang menyiapkan 150 mobil listrik mungil Wuling Air-Ev sebagai kendaraan operasional.

Technical Support Wuling, Fanda Dwitanto mengatakan, Air-EV dapat digunakan dalam jarak tempuh hingga 300 kilometer untuk satu kali pengisian baterai. Kemampuan tersebut duharapkan sesuai untuk memenuhi kebutuhan mobilitas para delegasi.

Jokowi Minta Smelter Terintegrasi Ekosistem Kendaraan Listrik

Menurut Fanda, untuk kelancaran operasional selama KTT, pihaknya juga menyediakan 13 lokasi pengisian daya, tempat cuci mobil, serta bengkel kecil.""Kami diminta Sekretariat Negara untuk menyediakan unit Wuling Air-EV. Semua unit yang disediakan adalah unit baru," kata Fanda.

Selain empat produsen listrik, PT PLN (Persero) juta turut mendukung sejumlah fasilitas untuk kebutuhan mobil listrik tersebut. Antara lain, menyediakan 79 titik electrical vehicle (EV) charging yang terdiri dari 74 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan lima stasiun pengisian listrik umum (SPLU).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//