Traveller Siap-siap! Jakarta ke Ujung Genteng Hanya Butuh 2,5 Jam

Dokumen PUPR

FAKTA.COM, Jakarta - Ada kabar baik bagi para traveller asal Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak.

Kehadiran ruas tol sepanjang 11,9 kilometer itu akan memangkas waktu tempuh akses dari Jakarta ke wilayah Sukabumi. "Termasuk ke tempat-tempat wisata," kata Jokowi dikutip Setkab.go.id, Jumat (4/8/2023).

Jokowi menyontohkan, waktu tempuh Jakarta ke Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng, hingga Gunung Gede bisa mencapai 5-6 jam. Namun kata Jokowi, dengan adanya tol Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, maka perjalanan bisa kurang lebih 2,5 jam.

Faktor Latte, Sedikit-sedikit Lama-lama Jadi 'Boncos'

Jokowi juga menyebut, ruas yang menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang yang akan berpengaruh terhadap peluang investasi di Jawa Barat.

"Dari survei para investor yang ada, kenapa Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," ujarnya.

Sebagai informasi, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) memiliki panjang 54 km. Tol ini terdiri dari 4 seksi.

Riset Alibaba: Negara Asia Paling Peduli Gaya Hidup Berkelanjutan

Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Kemudian Seksi 2 Cigombong–Cibadak. Dilanjutkan Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dengan progres pembebasan lahan 79,4%, dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan 9,9%.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//