Tempat Wisata Ini Cocok Banget untuk Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi liburan

FAKTA.COM, Jakarta – Sebentar lagi libur Natal dan Tahun Baru, nih, guys. Sudah ada rencana untuk liburan?

Biasanya libur Natal dan Tahun Baru sering digunakan oleh orang-orang untuk berkumpul dengan keluarga atau sekadar healing. Kamu ingin berlibur, tapi enggak mau jauh dari rumah?

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Jumat (22/12/2023), berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat libur Natal dan Tahun Baru.

A. Jakarta

1. Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk

TWA Mangrove berlokasi di Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Di sini kamu bisa "cuci mata" dengan pemandangan hutan bakau. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan fauna yang dilindungi, seperti belibis, kuntul kerbau, raja udang biru, serta elang tiram. Di sana, kamu juga bisa melakukan aktivitas air, photoshoot, hingga menyewa ruang pertemuan dan area gathering.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Catat, Ini Jadwal Libur Natal dan Tahun Baru

TMII menawarkan miniatur rumah adat, taman dinosaurus, hingga taman bunga dan museum. Tempat wisata ini buka setiap Senin-Minggu pukul 06.00-20.00. Kamu bisa mengajak keluarga untuk liburan di sana, lho.

3. Kota Tua

Kawasan Kota Tua ini terletak di Jakarta Barat. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini terkenal dengan bangunan-bangunan zaman kolonial. Kamu tidak dipungut biaya untuk memasuki wisata ini. Sobat juga bisa menyewa sepeda onthel untuk berkeliling kawasan Kota Tua. Psst, di sana ada museum yang bisa kita kunjungi, lho!

B. Bandung

1. Braga

Jika kamu berada di Bandung, Braga Citi Walk bisa jadi pilihan wisata. Lokasinya ada di 1,7 km dari pusat kota. Kamu bisa jalan-jalan dan belanja di tempat ini. 

2. Kawah Putih

Tidak mau berwisata di kota? Kamu bisa berkunjung ke Kawah Putih. Kawah Putih merupakan danau yang "lahir" dari letusan Gunung Patuha. Total luas kawasan wisata itu mencapai 25 hektare, termasuk 5 hektare area wisata dan 3 hektare lokasi kawah. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang siap memanjakan mata. 

3. Farmhouse

Jika sedang berkunjung ke Lembang, kamu bisa melirik Farmhouse. Theme park ini bernuansa pedesaan Eropa. Nah, kamu bisa menyewa kostum tradisional Belanda. Di sana ada susu segar yang bisa kamu nikmati. 

Silo Gunung, Gudang Batu Bara yang Jadi Warisan Budaya Dunia 

C. Semarang

1. Kota Lama

Seperti Kota Tua Jakarta, Kota Lama merupakan area yang terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah. Sekadar informasi, Kota Lama adalah pusat perdagangan di Semarang pada abad ke-19 dan ke-20. Kamu bisa berfoto-foto di kawasan Kota Lama. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Gereja Blenduk, gereja tertua di Jawa Tengah.

2. Museum Kereta Ambarawa

Ingin belajar sejarah kereta api? Cus pergi ke Museum Ambarawa. Museum yang terletak di Ambarawa, Semarang, menampilkan koleksi kereta api dari masa Hindia Belanda hingga prakemerdekaan RI. Koleksinya mulai dari sarana, prasarana, sampai perlengkapan kereta api. Menurut data PT Kereta Api Indonesia (KAI), beberapa koleksi museum ini adalah 26 lokomotif uap, 4 lokomotif diesel, 5 kereta, dan 6 gerbong dari berbagai daerah. Sobat bisa menikmati perjalanan kereta dengan naik KA wisata Ambarawa-Tuntang dengan kereta berlokomotif uap. 

3. Lawang Sewu

Siapa yang enggak kenal Lawang Sewu? Bangunan yang dulunya gedung perkantoran itu letaknya di Jalan Pemuda, Semarang Tengah, Semarang. Sesuai dengan namanya, Lawang Sewu punya banyak pintu. Bahkan, bangunan itu terkenal dengan cerita horor. Kamu berani berkunjung ke sana pada malam hari?

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//