4 Makanan Indonesia yang Mirip dengan Sashimi

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
23 Oktober 2023 18:08 WIB
Ilustrasi sashimi. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Penyuka kuliner Jepang tentu tidak asing dengan sashimi, yaitu hidangan berbahan dasar ikan mentah. Ternyata, makanan serupa juga ada di Indonesia, lho.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Senin (23/10/2023), ada empat hidangan dari Indonesia yang menyajikan ikan mentah. Tentu saja ikan ini sudah dibumbui agar rasa makin sedap.

1. Gohu (Ternate, Maluku Utara)

Yang pertama, gohu. Dikutip dari Jalur Rempah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud), gohu berbahan dasar tuna atau cakalang mentah.

Daging dipotong dadu, lalu dilumuri jeruk cui dan garam agar bau amis hilang. Kemudian, ditaburi dengan bawang merah, cabai rawit, dan kenari.

Faktor Latte, Sedikit-sedikit Lama-lama Jadi 'Boncos'

2. Rusip (Bangka Belitung)

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, rusip terbuat dari ikan bilis yang difermentasi hingga mengeluarkan bau asam. Barulah ikan itu diolah dengan bawang dan cabai.

Masyarakat Bangka Belitung biasa makan sambal rusip dengan ikan dan sayur-mayur. Kamu juga bisa menikmati makanan ini dengan nasi hangat.

3. Pacco (Luwu, Sulawesi Selatan)

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM, makanan berbahan ikan mentah lainnya datang dari Luwu, Sulawesi Selatan. Namanya pacco. Pacco berbahan dasar ikan laut berukuran sedang, seperti lamuru, atau udang segar.

Membuat pacco sangat mudah. Daging ikan dibersihkan, dan dicuci dengan air matang hingga bersih. Kemudian, daging diberi irisan jeruk nipis, dan diamkan 10 menit.

Sembari menunggu ikan, kamu bisa menghaluskan cabai, garam, dan kacang tanah goreng. Bumbu halus itu dicampur ke ikan, dan aduk sampai rata. Pacco pun sudah siap untuk disantap.

5 Makanan Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental

4. Lawa Bale (Wajo, Sulawesi Selatan)

Ada juga makanan lainnya yang berbahan dasar daging mentah dari Sulawesi, yaitu lawa bale. Lawa bale merupakan kuliner khas Wajo, Sulawesi Selatan. Makanan ini berbahan dasar ikan mentah segar, seperti nila dan cambang, dikutip dari laman DJKI Kementerian Hukum dan HAM.

Nah, daging ikan mentah itu dicampur dengan kelapa parut bakar atau pisang batu muda yang akan memberikan rasa gurih. Makanan ini bisa kamu jumpai di acara perkawinan, selama Ramadan, atau acara-acara tertentu.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//