Silo Gunung, Gudang Batu Bara yang Jadi Warisan Budaya Dunia

Silo Gunung. (Tangkap layar akun IG @tourismsumbar)

FAKTA.COM, Jakarta – Kamu pernah mendengar Silo Gunung? Ya, Silo Gunung merupakan salah satu warisan budaya yang menjadi objek wisata di Kota Padang, Sumatera Barat.

Menurut penelusuran dari berbagai sumber, Senin (23/10/2023), Silo Gunung merupakan bekas gudang penampungan batu bara. Gudang itu terletak di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat. Luas area gudang penyimpanan ini mencapai 2,5 hektare.

Menjelajah Taman Bumi dan Budaya di Museum Gunung Api Batur

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Silo Gunung merupakan salah satu bagian dari Warisan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto (WTBOS). Gudang ini sering disebut sebagai Area C dan menjadi titik terakhir penyaluran batu bara di Minangkabau, Sumatera Barat.

Barang tambang yang dikirim dari Sawahlunto, Sumatera Barat, ditampung terlebih dahulu di Silo Gunung. Setelah itu, batu bara dikirim ke seluruh daerah Nusantara dan dunia.

Traveller Siap-siap! Jakarta ke Ujung Genteng Hanya Butuh 2,5 Jam

Mengutip laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), WTBOS menyandang status warisan budaya dunia dari UNESCO pada 2019. Di situs tambang itu, ada konsep Tiga Serangkai yang dicetuskan Belanda.

Konsep ini berupa industri pertambangan batu bara di Sawahlunto, lalu hasilnya dibawa ke luar dengan transportasi kereta api melalui Sumatera Barat, serta sistem penyimpananan di Silo Gunung di Pelabuhan Emmahaven (sekarang Teluk Bayur).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//