Perusahaan di China Tolak Lamaran Karyawan Bershio Anjing, Apa Sebabnya?

Apa alasan perusahaan menolak lamaran kandidat yang bershio anjing? (Foto: Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Sebuah perusahaan di China dikecam publik karena pasang iklan dengan syarat yang aneh. Perusahaan ini melarang calon kandidat bershio anjing untuk melamar.

Kalau melamar, otomatis lamarannya akan ditolak.

Dikutip dari Oddity Central, Rabu (7/8/2024), perusahaan tersebut berada di Guangzhou, Guangdong, China, memasang iklan pekerjaan sebagai staf administrasi. Iklan tersebut menyebutkan, posisi ini memerlukan pengalaman kerja dan keahlian mengoperasikan perangkat lunak perkantoran. Gaji yang ditawarkan senilai 4 ribu yuan (Rp8,98 juta).

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Format Penulisannya

Namun, yang paling menarik perhatian adalah kalimat pendek yang meminta calon kandidat bershio anjing untuk tidak melamar.

Postingan tersebut memicu kontroversi di media sosial Tiongkok. Banyak pihak menuduh perusahaan tersebut melakukan diskriminasi.

Alasannya Bikin Enggak Habis Pikir

Sumber dari dalam organisasi tersebut mengungkapkan, kebetulan bosnya lahir di tahun naga. Sang bos juga percaya bahwa dia tidak cocok dengan orang yang lahir pada tahun anjing. Ditambahkan juga bahwa tak ada batasan khusus lainnya yang berlaku.

“Merekrut karyawan yang lahir di tahun anjing akan merugikan perkembangan perusahaan. Jadi, dia secara khusus menekankan bahwa 'orang di tahun anjing' tidak boleh mengirimkan resume,” kata sumber.

Viral Ratusan Orang Antre Lamar Kerja di Warung Seblak

Diskriminasi bukanlah hal yang jarang terjadi di pasar kerja Tiongkok. Akan tetapi, “diskriminasi zodiak” memicu kemarahan di kalangan netizen. Tak sedikit orang menyarankan mereka yang lahir di tahun anjing untuk menuntut perusahaan tersebut.

“Saya selalu berpikir sulit mendapatkan pekerjaan setelah usia 35 tahun, namun tidak menyangka zodiak saya yang menjadi masalahnya,” tulis seseorang.

“Apa salahnya saya dilahirkan pada tahun anjing? Itu bukan berarti saya mengidap rabies,” komentar orang lain.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//