10 Langkah Mudah Berkebun bagi Pemula

Kamu bisa menanam bumbu dapur hingga bunga di kebun. Begini caranya. (Foto: Freepik/Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Berkebun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat, tetapi bagi pemula, memulainya bisa terasa menakutkan. Lalu, bagaimana langkah berkebun bagi pemula?

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (11/8/2024), berikut adalah 10 langkah sederhana yang bisa bantu kamu menciptakan sebuah taman impian, baik itu kebun sayur, kebun herbal, atau taman bunga.

Pertama, tentukan jenis kebun yang ingin dibuat. Apakah kamu ingin menanam sayuran untuk dikonsumsi, atau lebih tertarik pada keindahan bunga?

Berkebun Tanpa Sarung Tangan, Wanita Ini Terinfeksi Bakteri Mematikan

Jika memilih sayuran dan rempah-rempah, pilihlah yang disukai keluargamu. Jika memilih bunga, putuskan apakah kamu ingin bunga semusim yang mekar sepanjang musim panas atau tanaman keras yang muncul kembali setiap tahun.

Kedua, pilih lokasi yang tepat. Tempat yang tepat adalah kunci keberhasilan berkebun. Sebagian besar sayuran dan bunga membutuhkan sinar matahari penuh selama 6-8 jam sehari.

Amati halaman yang kamu miliki, untuk menentukan area yang mendapatkan sinar matahari penuh dan pilihlah lokasi yang relatif datar serta mudah dijangkau air.

Bersihkan Tanah hingga Pilih Tanaman yang Tepat

Ketiga, bersihkan tanah. Sebelum menanam, bersihkan tanah dari gulma. Untuk hasil cepat, gali tanah dan singkirkan gulma. Jika kamu memiliki lebih banyak waktu, gunakan metode lasagna gardening dengan cara menutupi tanah dengan koran dan kompos untuk mempersiapkan tanah dalam beberapa bulan.

Keempat, uji dan perbaiki tanah. Uji tanah kamu untuk mengetahui kekurangan nutrisi yang ada. Tambahkan bahan organik seperti kompos untuk meningkatkan kualitas tanah, yang akan membantu tanaman tumbuh subur.

Pilihlah jenis tanaman yang ingin kamu tanam di kebun. (Foto: Freepik/Freepik) Pilihlah jenis tanaman yang ingin kamu tanam di kebun. (Foto: Freepik/Freepik)


Kelima, siapkan tempat tanam. Longgarkan tanah di bedengan baru untuk memudahkan akar tumbuh. Kamu bisa menggunakan alat mekanis atau menggali dengan tangan. Pastikan tanah cukup lembab sebelum digarap untuk hasil yang maksimal.

Keenam, pilih tanaman yang tepat. Pilih tanaman yang sesuai dengan iklim, jenis tanah, dan jumlah sinar matahari di taman milikmu. Beberapa pilihan tanaman yang mudah untuk pemula termasuk geranium, dan tomat.

3 Tanaman Ini Bisa Jadi Indikator Polusi Selain Eceng Gondok
Saatnya Menanam

Ketujuh, mulai menanam. Tanam bibit atau pindahkan tanaman muda ke bedengan yang sudah disiapkan. Perhatikan waktu penanaman sesuai dengan jenis tanaman dan iklim setempat. Sirami tanaman secara teratur, terutama pada tahap awal pertumbuhan.

Kedelapan, sirami tanaman pada waktu yang tepat. Pastikan bibit tetap lembab dan sirami tanaman sesuai kebutuhan. Siramlah perlahan dan dalam agar air meresap ke dalam tanah. Waktu penyiraman terbaik adalah pagi hari untuk meminimalkan penguapan.

Jangan lupa rawat tanaman dengan rutin, misalnya beri pupuk. (Foto: Freepik/Freepik) Jangan lupa rawat tanaman dengan rutin, misalnya beri pupuk. (Foto: Freepik/Freepik)

Kesembilan, gunakan mulsa untum menjaga kelembapan. Tutupi tanah dengan mulsa untuk mencegah gulma tumbuh dan menjaga kelembapan. Mulsa organik seperti kulit kayu atau jerami akan memperkaya tanah saat terurai.

Kesepuluh, rawat tanaman secara rutin. Perhatikan taman yang kamu tanam secara teratur.

Sirami sebelum tanaman layu, cabut gulma, dan singkirkan tanaman yang mati atau berpenyakit. Dukung tanaman tinggi dengan teralis atau tiang, dan panen sayuran segera setelah siap.

Dengan mengikuti 10 langkah ini, kamu bisa memulai perjalanan berkebun dengan percaya diri dan menikmati hasil dari upaya yang kamu lakukan. Selamat berkebun!

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//