Unik, Sendok Elektrik Ini Buat Makanan Terasa Lebih Asin

Ilustrasi sendok. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta - Inovasi Jepang yang satu ini tidak hanya unik, tetapi membuat orang mengernyit. Yaitu, sendok elektrik yang bisa membuat makanan terasa lebih asin.

Dikutip dari Sky News dan Oddity Central, Selasa (4/6/2024), perusahaan teknologi Jepang, Kirin Holdings, meluncurkan sendok penambah rasa, Elecispoon. Ini berawal dari kerja sama Kirin dengan para ilmuwan di Universitas Meiji, Jepang, untuk mengembangkan peralatan dapur yang bisa membuat makanan terasa lebih asin dan enak. Ditambah lagi, peralatan itu menggunakan listrik. 

Waktu itu, mereka menguji coba sendok dan mangkuk pintar untuk membuat makanan 1,5 kali lebih asin daripada sebelumnya. Namun, yang berhasil hanyalah sendok pintar.

Elecispoon terbuat dari plastik dan logam. Beratnya mencapai 60 gram dan memiliki baterai lithium yang bisa diisi ulang.

Unik Banget, Berlian Ini Terbuat dari Bunga

Semula perusahaan ini menjual 200 sendok secara online. Sendok ini dibanderol seharga 19.800 yen (Rp2,05 juta) pada Mei 2024.

Disebutkan juga bahwa perusahaan Jepang ini akan menjual sendok elektrik di toko peralatan rumah tangga tertentu di Jepang mulai bulan ini. Kirin menargetkan ada satu juta pengguna sendok elektrik dalam lima tahun.

Cara Kerja Sendok Elektrik

Sendok elektrik Kirin, Elecispoon. (Dokumen Oddity Central) Sendok elektrik Kirin, Elecispoon. (Dokumen Oddity Central)

Lalu, bagaimana cara kerja Elecispoon? Sendok ini akan mengalirkan arus listrik lemah melalui ujung alat. Aliran ini bertujuan untuk memusatkan ion natrium di lidah.

"Ini memperbesar rasa asin pada makanan sebanyak 1,5 kali lipat," ujar perusahaan.

Ada empat tingkat keasinan yang disediakan oleh perangkat ini. Pengguna pun bisa memilih tingkat keasinan.

Perusahaan menyarankan pengguna pemula untuk menyetel pada tingkat pertama.

Unik, Ilmuwan Korea Selatan Kembangkan Beras Daging

Cocok Bagi Orang yang Diet Garam

Ilustrasi garam. (Dokumen Pixabay) Ilustrasi garam. (Dokumen Pixabay)


Salah seorang peneliti Kirin, Ai Sato, mengatakan masyarakat Jepang cenderung menyukai makanan asin. Tidak heran jika orang dewasa di Negeri Sakura, rata-rata mengkonsumsi 10 gram garam sehari. Jumlah ini dua kali lipat daripada rekomendasi World Health Organization (WHO).

Asupan garam natrium bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, strok, dan masalah kesehatan lainnya.

"Masyarakat Jepang secara keseluruhan perlu mengurangi jumlah asupan garam, tetapi sulit beralih dari kebiasaan," kata Sato.

Lalu, menurut survei Kirin pada 2021, orang yang membatasi asupan garam acapkali mengeluh makanan menjadi hambar.

"Itulah yang mendorong kami mengembangkan sendok elektrik ini," kata dia.

Sendok ini cocok bagi orang-orang yang diet garam. Meskipun demikian, barang ini juga tidak cocok bagi mereka yang punya kelainan saraf, alergi logam, serta tak mampu mendeteksi rasa sakit atau panas.

Elecispoon juga tidak cocok bagi orang yang menggunakan implan medis bertenaga listrik, wanita hamil, serta orang yang menjalani perawatan gigi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//