Lakukan 4 Langkah Ini Sebelum Investasi Kripto

Ilustrasi. (Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta – Banyak orang tertarik dengan investasi kripto karena bisa memberikan keuntungan yang sangat tinggi. Tapi, jangan salah instrumen ini juga punya risiko yang tinggi.

Seperti prinsip high risk, high return, investasi yang memberikan keuntungan yang tinggi, tentu memiliki risiko kerugian yang tinggi pula. Bahkan, risiko ini membuat orang rugi bandar dan bisa memicu investor untuk berbuat kejahatan. Contohnya, seorang mahasiswa  membunuh juniornya karena merugi Rp80 juta ketika investasi kripto.

Digigit Kucing Liar, Pria Ini Terinfeksi Bakteri Misterius

Sebelum memutuskan terjun ke investasi itu, ada empat langkah yang bisa kamu lakukan, melansir Fortune, Selasa (8/8/2023).

Gunakan Piranti Yang Aman

Ketika membeli kripto, tentu kamu akan ditanya tentang informasi pribadi tentang keuangan. Jika menggunakan dua piranti ini, ada kemungkinan hacker bisa mengintip data-data pribadi.

Mau lebih aman? Komputer pribadi dan jaringan virtual private network (VPN) bisa menjadi pilihan untuk membuat data-data informasi tetap aman.

Pilihlah Mata Uang Yang Bereputasi Baik

Ada banyak pilihan mata kripto yang ada di pasar. Sebaiknya kamu mempertimbangkan banyak hal, mulai dari jenis uang yang reputasinya baik hingga aturan-aturannya. Jangan lupa juga untuk mencari tahu review investor dari setiap mata uang digital.

Pikirkan Matang-Matang Sebelum Membeli Kripto

Ketika berinvestasi kripto, kamu punya pilihan untuk menyimpan uang di dompet digital berbasis web. Ini bisa merugikanmu ketika mencairkan uang digital ke uang tunai.

Screen Time Jangan Terlalu Lama, Segini Durasi Idealnya

Ada tempat alternatif yang bisa dipilih, yaitu hardware wallet yang bisa juga menjaga uangmu tetap aman. Hardware wallet ini merupakan gadget untuk membuka private key (private key dibutuhkan dalam otentifikasi agar bisa membuka akses aset kripto).

Perhatikan Isi Dompet

Sebelum berinvetasi, baik kripto, saham, surat hutang, atau instrumen lainnya, kamu sebaiknya mengevaluasi keuangan terlebih dahulu. Tujuannya agar tahu seberapa banyak uang yang kamu mampu investasikan ke kripto.

Ingat, tidak ada garansi di dunia investasi. Juga bukan yang bijak jika berinvestasi lebih banyak daripada yang kerugian yang bisa kamu tanggung. 

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//