Kelamaan Main Gadget Bisa Picu Anak Tantrum

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
23 April 2024 17:40 WIB
Anak-anak sedang bermain gadget. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Tantrum merupakan keadaan seorang anak yang emosinya meledak. Ada beberapa pemicu tantrum pada anak.

Salah satunya adalah penggunaan gawai yang terlalu lama.

Menurut Anggota Unit Kerja Koordinasi Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), I Gusti Ayu Trisna Windiani, suatu penelitian terbaru di Indonesia memperlihatkan bahwa penggunaan gadget yang terlalu lama pada anak, bisa memicu tantrum.

Keseringan Menatap Gadget? 4 Cara Ini Bantu Jaga Kesehatan Mata

"(Pada) anak yang menonton gadget lebih dari 20 menit, 65,1% (di antaranya) mengalami temper tantrum," kata Trisna dalam Seminar Media "Tantrum: Bagaimana Mencegah dan Mengatasinya?" yang digelar online, pada Selasa (23/4/2024).

Selain itu, emosi anak bisa meledak saat  berada dalam kondisi lapar, lelah, atau frustrasi. Masalah kesehatan seperti gangguan tidur dan mengidap Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) juga bisa menjadi pemicunya.

Penyebab berikutnya seorang anak menjadi tantrum adalah ketika dia menginginkan sesuatu, mencari perhatian, atau sedang asyik bermain lalu tiba-tiba terjadi perubahan yang mendadak.

"Bisa juga karena anak itu belum punya keterampilan coping yang matur," kata dia.

Screen Time Jangan Terlalu Lama, Segini Durasi Idealnya

Trisna juga menyebutkan hal-hal yang menjadi pencetus anak tantrum adalah anak yang berkebutuhan khusus, temperamen anak, dan lingkungan anak. Pola asuh orang tua pun disebut sebagai penyebab anak tantrum.

"Pola asuh otoriter, permisif, keterikatan, atau sering dicuekin orang tua, peraturan yang konsisten," imbuh Trisna.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//