Google Luncurkan AI Overviews di 6 Negara, Termasuk Indonesia

AI Overviews Google. (Dok. Situs Google)

FAKTA.COM, Jakarta - Google telah memperluas ringkasan yang dihasilkan AI atau fitur AI Overviews (Ringkasan AI) untuk permintaan pencarian ke enam negara baru.

Google meluncurkan fitur ini pada Mei lalu di AS. Ringkasan AI per hari Kamis (15/8/2024) hadir di enam negara yakni Brasil, Indonesia, India, Jepang, Meksiko, dan Inggris, dalam bahasa lokal masing- masing negara.

Dilansir di situs resmi Google, Jumat (16/8/2024), disebutkan bahwa Google AI Overviews merupakan fitur dalam Google Search yang menyediakan ringkasan dan wawasan yang dihasilkan AI di bagian atas hasil pencarian. 

Fitur ini didukung oleh model kecerdasan buatan khusus Google, Gemini, dan dirancang untuk membantu pengguna menemukan informasi terperinci dan relevan secara kontekstual dari berbagai sumber daring dengan cepat.

Cara Jepang Respons Gempa, Gunakan AI

Sistem ini dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat tanpa harus menelusuri banyak sumber.

Misalnya, jika Anda mencari informasi tentang perubahan iklim, AI Overviews dapat memberikan respons yang diringkas dengan fakta dan statistik utama, beserta tautan untuk bacaan lebih lanjut. 

Dengan demikian, AI Overviews mengurangi upaya yang perlu dilakukan pengguna untuk mencari informasi dengan melakukan semua pekerjaan untuk mereka.

"Kami menguji secara ekstensif bagaimana orang merespons pembaruan pada Penelusuran. Sejak diluncurkan di AS, kami menemukan orang yang menggunakan AI Overviews lebih sering menggunakan Penelusuran dan lebih puas dengan hasilnya," kata pernyataan Google.

Orang yang mencari bantuan untuk topik yang rumit lebih terlibat dan terus kembali untuk AI Overviews. Selain itu, Google melihat keterlibatan yang lebih tinggi dari pengguna yang lebih muda, berusia 18-24 tahun, saat mereka menggunakan Penelusuran dengan AI Overviews.

"Setelah pengujian ekstensif dan umpan balik positif, termasuk di AS dan di Search Labs secara global, kami menghadirkan manfaat AI Overviews ke enam negara baru: Inggris, India, Jepang, Indonesia, Meksiko, dan Brasil – beserta dukungan bahasa lokal di setiap negara," kata Google.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//