Google Luncurkan AI Overviews, Apa Saja Fiturnya?

Google AI Overviews (istimewa)

FAKTA.COM, Jakarta – Google baru saja memperluas fitur AI Overviews atau Ringkasan AI, sebuah layanan yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi kompleks dengan cepat dan tepat. 

Setelah diluncurkan di AS pada Mei lalu, fitur ini kini tersedia di Brasil, Indonesia, India, Jepang, Meksiko, dan Inggris, dengan dukungan bahasa lokal masing-masing negara.

Berikut beberapa fitur dari AI Overviews, dikutip dari TechRepublic, Senin (16/8/2024):

  • Rangkuman informasi lengkap dan singkat. Memungkinkan pengguna mendapatkan informasi yang relevan dari berbagai permintaan sekaligus. Misalnya, ketika mencari gym yang murah, fitur ini tidak hanya menampilkan gym terdekat, tetapi juga memberikan informasi terkait jarak dan biaya pendaftaran.
  • Alat Bantu Perencanaan. AI Overviews juga berfungsi sebagai alat bantu perencanaan. Pengguna dapat meminta AI untuk membuat rencana makan tinggi protein selama lima hari, atau bahkan mengumpulkan ide untuk proyek tertentu. Fitur ini akan menyaring resep dari seluruh internet dan menambahkan bahan-bahan yang diperlukan ke daftar belanja.
  • Bantu perencanaan perjalanan. AI Overviews dapat mengumpulkan informasi dari Google Maps, Search, dan Gmail untuk menyediakan rencana perjalanan yang sesuai dengan preferensi pengguna.
  • Pencarian berbasis video. Di masa mendatang, AI Overviews akan mampu memahami dan menanggapi pertanyaan yang diunggah dalam bentuk video. Ini berarti pengguna akan dapat merekam video tentang sesuatu, mengajukan pertanyaan tentang hal itu, dan AI Overviews akan membantu mereka. Google mengatakan hal ini akan memudahkan untuk menemukan jawaban atas masalah tanpa perlu mengetik deskripsi teks yang terperinci.
Cara mengakses, menyesuaikan, atau menonaktifkan AI Overviews

Untuk mengakses AI Overviews, cukup lakukan pencarian biasa di Google. Ringkasan yang dihasilkan AI akan muncul di bagian atas hasil pencarian jika relevan dengan kueri Anda, seperti panel pengetahuan.

Saat ini tidak ada opsi default untuk menonaktifkan AI Overviews sepenuhnya. 

“Ringkasan AI adalah bagian dari Google Penelusuran seperti fitur lainnya, seperti panel pengetahuan, dan tidak dapat dinonaktifkan.” kata keterangan di situs Google.

Dalam hal ini, jika Anda ingin melakukan pencarian secara tradisional, Anda hanya perlu mengabaikannya. Jika Anda lebih suka daftar tautan biasa, Anda dapat beralih ke tab Web di bagian atas halaman hasil Google Search.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//