Dokter Bedah Pakai Apple Vision Pro untuk Operasi Pasien

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
26 April 2024 14:53 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Dokter beda di Brasil terbantu oleh perangkat augmented reality (AR) Apple Vision Pro selama operasi.

Dikutip dari 9to5mac.com, Jumat (26/4/2024), dokter yang bernama Bruno Gobbato, memakai headset itu ketika sedang mengoperasi pasien yang mengalami robekan rotator cuff. Robekan rotator cuff adalah cedera yang disebabkan oleh kerusakan jaringan tendon secara progresif.

Diam-diam Apple Kembangkan Teknologi Search Engine

Selama operasi artoskopi bahu, kamera ditanam di sendi. Dengan gadget itu, dokter bedah pun bisa melihat gambar yang beresolusi tinggi.

"Dengan perangkat mungil, saya bisa melihat gambar seukuran layar film dengan resolusi yang tinggi serta bisa melihat pemeriksaan pasien dan model 3D secara real time," kata dia kepada MacMagazine.

Dokter yang bekerja di RS Jaragua Brasil, mengapresiasi teknologi perangkat itu. Gadget ini menepis kekhawatirannya tentang penggunaan headset VR selama operasi.

Operasi di Inggris yang dibantu oleh perangkat Apple Vision Pro. (Dokumen PR Newswire) Operasi di Inggris yang dibantu oleh perangkat Apple Vision Pro. (Dokumen PR Newswire)


Kala itu, Gobbato khawatir cahaya lampu yang terlampau terang di ruang bedah, akan berpengaruh terhadap perangkat AR.

Selain di Brasil, perangkat itu juga dikabarkan telah membantu tim medis di Cromwell Hospital London pada bulan lalu. Gawai ini dikenakan oleh perawat untuk mempersiapkan operasi tulang belakang, dikutip Gizmodo.

3 Kelebihan USB Type C daripada Lightning Milik Apple

Produk teknologi ini dipakai untuk mempersiapkan operasi hingga memilih peralatan yang tepat. Sekadar infromasi, software yang dipakai untuk membantu operasi ini dikembangkan oleh perusahaan AS, eXeX.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//