Anies Lebih Populer di Platform X, Bagaimana dengan Prabowo dan Ganjar?

Ilustrasi

FAKTA.COM, Jakarta - Capres nomor urut 01, Anies Baswedan, paling populer di platform X. menjelang debat capres yang terakhir. Dia paling banyak dibicarakan di media sosial ini, menurut data Drone Emprit.

Penelitian itu menggunakan X dan media online sebagai sumber data dan periode 3 Februari 2024 pukul (00.00)-4 Februari 2024 pukul 11.59.

Polri Kerahkan 2.292 Personel Amankan Debat Terakhir di JCC Senayan

Menurut data Drone Emprit, Minggu (4/2/2024), Anies memiliki jumlah pembicaraan terbanyak dengan 170.314 total sebutan. Jumlah ini mewakili 47% dari semua pembicaraan media. Data itu menunjukkan 90% percakapan di X bersifat positif, 5% negatif, dan 5% lainnya netral.

"Ini menunjukkan opini publik yang sangat mendukung Anies Baswedan," cuit pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, dalam akun X @ismailfahmi.

Yang terbanyak kedua adalah Prabowo Subianto. Tercatat ada 114.034 mention di X atau 32% dari total sebutan di platform ini. Akan tetapi, kebanyakan yang dibicarakan justru negatif, yaitu (63%). Yang positif hanya 32% dan 5% netral.

Tak Ada Persiapan Khusus dari Anies Hadapi Debat Terakhir Pilpres 2024

"Ini menandakan, meskipun ia banyak dibicarakan, sebagian besar percakapan cenderung negatif," cuit Ismail.

Selanjutnya, Ganjar Pranowo menjadi capres yang paling sedikit dibicarakan di platform X. Tercatat ada 76.371 sebutan atau 21% dari total pembicaraan. Sentimen terhadap Ganjar lebih postif daripada Prabowo di X. Data Drone Emprit menunjukkan 80% percakapan bersifat positif, 11% negatif, dan 9% netral.

"Ini menandakan persepsi publik yang umumnya positif terhadapnya," cuit Ismail.

Lantas, bagaimana pendapat warganet terhadap ketiga capres?

Ini Alasan Jokowi Tunjuk Tito Jadi Plt Menko Polhukam

Pandangan netizen terhadap Anies mencapai beberapa poin positif, seperti dukungan dari influencer TikTok, antusiasme netizen terhadap acara live TikTok Anies, serta fatwa dari ulama.

"Namun, ada juga kritik negatif, seperti tuduhan penghinaan oleh pendukungnya dan kekecewaan publik terhadap omongan yang dianggap kosong," cuit Ismail.

Kemudian, pendapat warganet kepada Prabowo menunjukkan dukungan dari beberapa tokoh penting. Akan tetapi, dia mnendapatkan kritik keras, seperti tuduhan kerusakan demokrasi dan kekecewaan terhadap kinerja pada masa lalu.

Menanti Kostum Khusus Ganjar Pranowo di Debat Pilpres Nanti Malam

Yang terakhir, pandangan terhadap Ganjar sebagian besar positif, dengan dukungan yang meningkat dari publik dan apresiasi terhadap konten media sosial.

"Namun, terdapat pula sorotan negatif karena tidak hadir di acara tertentu dan survei yang kurang menguntungkan," cuit Ismail.

Secara keseluruhan, menurut data Drone Emprit, Anies mendapatkan dukungan yang kuat di publik, sementara Prabowo punya sentimen cenderung negatif. Sementara itu, Ganjar punya proporsi sentimen positif yang tinggi walaupun jumlah pembicaraan lebih sedikit daripada Anies dan Prabowo.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//