Ada Gelaran Olimpiade, Waspadai Wifi Gratis di Paris

Ilustrasi Ancaman Dalam Menggunakan WiFi

FAKTA.COM, Jakarta– Menjelang Olimpiade Paris 2024, Kaspersky mengungkapkan bahwa hampir 25% jaringan Wi-Fi yang disediakan di kota ini memiliki keamanan yang lemah atau bahkan tidak terenkripsi. 

Penilaian ini dilakukan terhadap 25.000 titik Wi-Fi gratis di seluruh kota, yang menimbulkan kekhawatiran tentang potensi ancaman bagi atlet, delegasi, dan turis.

Tim Riset dan Analisis Global (GReAT) Kaspersky memetakan dan menilai jaringan ini, menganalisis 47.891 sinyal di lokasi populer dan venue Olimpiade. 

Keamanan Siber Menjadi Risiko Terbesar di Wilayah Asia-Pasifik

Mereka menemukan 24.766 titik akses Wifi unik, dan seperempatnya memiliki kelemahan keamanan signifikan. Kelemahan ini termasuk enkripsi yang lemah atau tidak ada sama sekali. Ini membuatnya rentan terhadap serangan intersepsi, dekripsi, atau cracking.

"Seperti halnya para atlet yang berlatih untuk musim panas olahraga di Prancis, para penjahat siber juga telah mempersiapkan sambutan yang tidak menyenangkan bagi jutaan orang yang akan menuju hotel, zona penggemar, dan acara di Paris.” ujar Kepala unit riset Meta di GReAT Kaspersky, Amin Hasbini, dilansir di Back End News, Rabu (31/7/2024).

Awas! Serangan Siber Sasar Data Pribadi

Data Temuan Kaspersky, menunjukkan sekitar 20 persen dari wifi gratis tersebut memiliki sistem keamanan yang mudah diretas, sehingga rentan terhadap serangan siber.

Lebih lanjut, kata Hasbini “Jaringan Wi-Fi yang terbuka dan tidak terkonfigurasi dengan baik sangat menarik bagi para penjahat, karena memungkinkan terjadinya pencurian kata sandi, rincian kartu kredit, dan data sensitif pengguna lainnya.”

Tips aman menggunakan Wifi di ruang publik

Untuk memastikan keamanan saat menggunakan Wifi publik di Paris atau di tempat lain, berikut adalah beberapa tips penting:

1. Gunakan VPN (Virtual Private Network)   

VPN mengenkripsi koneksi internet Anda, melindungi data Anda dari intersepsi pihak ketiga.

2. Hindari Mengakses Informasi Sensitif.   

Jangan melakukan transaksi perbankan atau mengakses informasi pribadi saat terhubung ke Wifi publik.

3. Verifikasi Nama Jaringan.   

Pastikan Anda terhubung ke jaringan yang benar dan bukan jaringan palsu yang dibuat untuk mencuri data.

4. Matikan Fitur Koneksi Otomatis.   

Atur perangkat Anda agar tidak terhubung otomatis ke jaringan Wi-Fi terbuka.  Atur perangkat Anda agar tidak terhubung otomatis ke jaringan Wi-Fi terbuka.

5. Gunakan HTTPS. 

Pastikan situs web yang Anda kunjungi menggunakan HTTPS untuk koneksi yang lebih aman.

6. Perbarui Perangkat Anda.   

Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi Anda untuk menutup celah keamanan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda bisa tetap aman dalam mengakses jaringan Wifi publik.  

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//