5 Cara Rawat Kabel Data Supaya Tidak Cepat Rusak

Ilustrasi kabel data yang dipakai untuk nge-charge. (Dokumen Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta – Kabel data smartphone biasanya sering rusak karena penggunaannya tidak benar. Misalnya, kabel menjadi tidak bisa dipakai karena sering ditekuk.

Agar lebih awet, kabel data pun perlu dirawat. Dikutip dari laman Acer, Kamis (21/9/2023), berikut ini adalah lima cara merawat kabel data.

1. Jangan Ditekuk

Biasanya perangkat ini cepat rusak karena pemakai menggulung secara asal. Padahal, kita bisa membuat kabel data menjadi lebih awet dengan menggulung seperti pertama kali digunakan.

Jangan sampai terlipat atau tertekuk karena kabel-kabel halus bisa bengkok dan rusak. Kamu juga bisa menggulung dengan sudut 45-60 derajat dalam posisi melingkar atau melengkung..

Simak, Ini 6 Cara Irit Baterai iPhone

2. Hati-hati ketika Melepas Kabel

Sebenarnya, bagian kabel yang paling rentan adalah kedua ujungnya. Kamu harus berhati-hati melepaslkan kabel dari soket laptop atau smartphone. Caranya, memegang bagian kotak USB dan jangan menarik kabel secara kasar.

3. Tidak Menggunakan Smartphone ketika Di-charge

Pernah melihat kabel data yang ukurannya pendek? Ternyata, ukuran ini bertujuan untuk mencegah kamu memakai handphone ketika sedang mengisi baterai.

Selain umur baterai bisa berkurang, smartphone yang dipakai ketika sedang di-charge juga membuat kabel merenggang, sehingga gampang putus dan rusak..

3 Kelebihan USB Type C daripada Lightning Milik Apple

4. Taruhlah di Tempat yang Aman

Kamu bisa meletakkan kabel data di tempat yang bersuhu sedang. Jangan menyimpan kabel di tempat yang terlalu dingin atau panas karena bisa melemahkan ikatan serat-serat yang ada di pelapis plastik kabel terluar.

5. Pasang Pelindung Tambahan

Agar lebih awet, kamu bisa memasang pelindung tambahan di kabel data. Misalnya, memasang per dari pulpen di ujung kabel data. Pemasangan pegas bertujuan untuk mencegah kabel tertekuk. Kamu juga bisa melilitkan karet ke kabel untuk melindungi bagian luarnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//