3 Kelebihan USB Type C daripada Lightning Milik Apple

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
14 September 2023 05:51 WIB
Dokumen Pixabay

FAKTA.COM, Jakarta – Apple tak lagi memakai lightning port untuk iPhone 15. Perusahaan ini memilih USB type C untuk gawai terbarunya.

USB type C ini merupakan standar konektor untuk mentransfer data dan listrik.

Mengutip PCMag, Kamis (14/9/2023), konektor itu dikembangkan oleh USB Implementers Forum (USB-IF). USB-IF merupakan kumpulan perusahaan yang sudah mengembangkan hingga mensertifikasi standar USB selama bertahun-tahun. Ada lebih dari 700 perusahaan yang bergabung di sana, seperti Apple, Microsoft, Samsung, dan Intel.

Wow, iPhone 15 Bakal Hadir dengan RAM 8 GB

Mengutip Livewire dan history-computer.com, jenis konektor ini diperkenalkan pada 2014—dua tahun setelah pengenalan lightning. Colokan ini bisa digunakan untuk transfer data dan komunikasi.

Ternyata, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh konektor type C daripada lightning.

Pertama, lebih cepat mentrasfer data. USB type C bisa mentransfer data dengan kecepatan 10-40 Gbps, sedangkan lightning maksimal 480 Mbps.

Kedua, bersifat universal. Kabel USB type C ini bisa digunakan oleh banyak piranti elektronik, seperti Windows PC, PS5, dan Xbox Series serta bisa dipakai di port Thunderbolt 3 dan 4. Tentu saja kondisi itu berbeda dengan konektor lightning yang hanya bisa digunakan di perangkat Apple.

Simak, Ini 6 Cara Irit Baterai iPhone

Ketiga, mengisi baterai lebih cepat. Konektor tipe C ini mendukung fast charging hingga 100 W dengan arus listrik 3A dan 240 W dengan 5A. Sementara itu, kabel lightning hanya bisa mengisi daya hingga 12W dengan arus listrik 2,4A.

Sekadar informasi, Apple mengganti jenis konektor menjadi lightning untuk mematuhi peraturan Uni Eropa. Melansir laman Parlemen Uni Eropa, semua smartphone, tablet, dan kamera yang dijual di Eropa, harus memiliki charging port USB type C paling lambat 2024.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//