Viral Pencoblosan Surat Suara di Malaysia, Bawaslu: Kita Telusuri

Oleh Riezky Maulana - fakta.com
07 Februari 2024 14:59 WIB
Anggota Bawaslu, Puadi. (Dok Bawaslu RI)

FAKTA.COM, Jakarta - Beredar di media sosial X dua penggalan video yang memperlihatkan aktivitas pencoblosan surat suara Pemilu. Lokasi pencoblosan diduga berada di Kuala Lumpur Malaysia. 

Video tersebut dibagikan oleh Political Jokes Id @PolJokesID. Dalam video terlihat surat suara untuk Pileg dan Pilpres 2024.

Untuk Pileg, surat suara yang dicoblos adalah caleg Dapil DKI Jakarta II meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, serta Luar Negeri.

Tampak caleg dari PKB Ida Fauziyah yang mendapatkan nomor satu tercoblos. Sementara itu, untuk Pilpres, pria yang ada di dalam video mencoblos paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Soal Henti Tayang Videotron Anies, Pemkot Bekasi: Kami Hanya Terima Pajaknya

Terkait dengan hal tersebut Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu angkat bicara. Komisioner Bawaslu, Puadi mengatakan, pihak Panitia Pengawas Luar Negeri wilayah Kuala Lumpur tengah menelusuri kebenarannya.

"Terhadap informasi surat suara tercoblos oleh salah satu pasangan calon tentunya Bawaslu memerintahkan kepada Panwas LN Kuala Lumpur melakukan penelusuran terhadap peristiwa tersebut" jelas Puadi saat dihubungi Fakta.com, Rabu (7/2/2024).

Nantinya, kata Puadi, hasil penelusuran tersebut bakal dituangkan dalam laporan dan ditelisik apakah benar ada pelanggaran atau tidak.

"Apakah dalam proses penelusuran nanti dituangkan laporan hasil pengawasan ada dugaan pelanggaran atau tidak," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan, bila ditemukan adanya pelanggaran, maka Bawaslu akan bekerjasama dengan polisi dan kejaksaan untuk melakukan klarifikasi.

"Jika terjadi adanya dugaan pelanggaran, Bawaslu tetap melakukan proses klarifikasi bersama sentragakkumdu, kepolisian dan kejaksaan," ungkapnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//