Survei Poltracking di Jatim: Pemilih NU-Muhammadiyah Cenderung ke Prabowo-Gibran

Oleh Riezky Maulana - fakta.com
07 Februari 2024 14:25 WIB
Paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran. (Fakta.com/Dwi Arief Hidayat)

FAKTA.COM, Jakarta - Poltracking Indonesia merilis hasil survei Terkait dengan peta politik yang ada di wilayah Jawa Timur.

Hasilnya, sebagian besar warga yang merasa dekat dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) cenderung memilih paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Direktur Utama Polltracking Indonesia, Hanta Yuda menuturkan, warga NU yang mendukung PraGib persentasenya mencapai 60,9.

Paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di urutan kedua dengan 16,3%. Sementara itu, terpaut 1%, paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ada di angka 15,3%

TPN Ganjar-Mahfud Pertimbangkan Gugat Pencalonan Gibran

"Yang memilih pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran (60.9 %), dan yang memilih pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD (16.3%), dan Anies-Muhaimin (15,3%) kata Yuda dalam rilis surveinya, dikutup Rabu (7/2/2024).

Yuda memaparkan, tren basis pemilih NU kepada paslon AMIN cenderung stabil. Ada kenaikan kenaikan tipis sebesar 0.7%.

Prabowo-Gibran pun juga mengalami kenaikan sebesar 19.2%. Sedangkan suara Ganjar-Mahfud di kalangan pemilih NU mengalami penurunan sebesar 21.7%.

Poll tracking juga melakukan survei terhadap pemilih dari Muhammadiyah. Hasilnya adalah, Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan persentase 55,4%.

Sama dengan kalangan NU, warga Muhammadiyah terbanyak kedua menjatuhkan pilihannya kepada paslon AMIN. Persentasenya mencapai 21,4%.

TPN Ganjar-Mahfud Pertimbangkan Gugat Pencalonan Gibran

Di urutan buncit ada Ganjar-Mahfud dengan perolehan suara 14,3%.

Survei ini dilakukan pada 25 sampai 31 Januari 2024 dengan jumlah responden 8.000 di Jawa Timur. Margin of error (MoE) survei ini adalah +-1,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka langsung dengan responden. Populasi survei warga di Provinsi Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//