Seluruh Ketum KIM Setuju Gibran Dampingi Prabowo

Gibran Rakabuming Raka menerima hasil Rapimnas Partai Golkar di Kantor DPP Golkar, 21/10/2023. (Dokumentasi: Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta - Seluruh Ketua Umum yang berada di Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah bersepakat untuk menjadikan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024. 

Salah satu politiisi senior Partai Golongan Karya, membenarkan hal itu. “Sudah (sepakat mengusung Gibran),” ungkapnya kepada Fakta.com, Sabtu 21 Oktober 2023.

Kesepakatan itu kemudian otomatis menggugurkan beberapa nama, seperti Menteri BUMN, Erick Thohir dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra. Sebelumnya kedua nama itu diketahui telah meminta surat keterangan tidak pernah menjadi terpidana kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, untuk keperluan mendaftar sebagai calon wakil presiden.

Golkar baru saja memastikan untuk menjadikan Walikota Surakarta tersebut sebagai cawapres yang mereka dorong lewat keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), Sabtu (21/10/2023). Dalam Sambutanya Ketua Umum Partai Golkar mengatakan akan segera membawa usulan partai beringin kepada Prabowo dan semua ketua umum di KIM.

Pernyataan Lengkap Jokowi soal Wacana Gibran jadi Cawapres

“Bismillah, maka saya ketok usulan Partai Golkar (mencalonkan Gibran) yang saya akan serahkan kepada bapak Prabowo. Ini untuk dibawa dalam pertemuan forum ketua partai (di KIM),” kata Airlangga.

Airlangga mengatakan, Golkar memang sudah berpikir anak muda dapat memimpin bangsa. Ia pun mencontohkan Sutan Sjahrir yang menjadi Perdana Menteri Indonesia pertama ketika usianya 36 tahun. Airlangga kemudian bertanya kepada setiap DPD apakah setuju dengan keputusan partai mengusung Gibran sebagai cawapres.

"Jadi kalau Sutan Sjahrir bisa, maka saya yakin under 40 tahun, anak muda kita juga siap mendampingi Bapak Prabowo Subianto," ujarnya.

Kehadiran Gibran, akan melengkapi tiga pasangan calon yang sebelumnya sudah diumumkan dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putri mengumumkan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden dari Ganjar Pranowo, yang didukung oleh PPP dan Perindo.

Projo Dukung Prabowo, Sinyal Jokowi Kasih Tekanan Ke PDIP?

Sementara itu pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar jadi yang pertama mendaftar ke KPU yang didukung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Ummat.

KPU membuka pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden pada 19-25 Oktober 2023. Berdasarkan UU Pemilu, pasangan calon presiden dan wakilnya diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada Pemilu Legislatif 2019.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//