Ridwan Kamil Rencanakan Bangun Densifikasi Social Housing di Jakarta

Ridwan Kamil di Sate Khas Senayan, Kamis (5/9/2024). (Fakta.Com/Dewi Yugi Arti)

FAKTA.COM, Jakarta - Calon gubernur Jakarta dari Partai Golkar, Ridwan Kamil, mengungkapkan program pembangunan perumahan di atas stasiun.

Menurutnya, program itu tidak sulit direalisasikan meskipun jumlah stasiun di Jakarta hanya ada beberapa saja. Kang Emil, sapaan akrabnya mengatakan pernah tinggal di apartemen di atas stasiun antara tahun 2001 - 2003.

"Seorang Ridwan Kamil selama dua tahun dari 2001-2003 tinggalnya di apartemen di atas stasiun, jadi saya bersama almarhum Eril di Hongkong tinggalnya di atas apartemen yang ada di atas stasiun. Produktif banget hidupnya turun ke bawah ke basemen langsung ketemu stasiun kereta kan, pulang juga sama. Jadi sangat realistis," ujar Ridwan Kamil saat ditemui awak media seusai agenda makan siang bersama media di restoran Sate Khas Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024).

Ridwan Kamil Diajak Foke Kenalan Budaya Betawi di Setu Babakan

Ridwan Kamil menekankan poinnya bukan di jumlah stasiun, tetapi lahan di Jakarta yang mahal. Sehingga, kata dia,  lahan-lahan tersebut harus didensifikasi untuk perumahan rakyat social housing.

Densifikasi adalah istilah untuk mendeskripsikan fenomena meningkatnya kepadatan permukiman di wilayah perkotaan yang dapat bersifat vertikal maupun horizontal sebagai respons atas cepatnya pertumbuhan kota.

Sementara social housing merupakan program rumah sewa yang diselenggarakan oleh pemerintah yang diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu secara finansial atau kondisi tertentu. 

"Di mana ada kesempatan lahan-lahan itu didensifikasi untuk perumahan rakyat social housing seperti aspirasi dan arahan Prabowo, kita lakukan. Makanya nggak hanya di atas stasiun. Ada puluhan di atas pasar-pasar. Jadi dikombinasi insya Allah itu akan jadi solusi," pungkasnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//