Puan Colek Cak Imin untuk Pisah dengan Prabowo

Puan Maharani berkunjung ke kediaman Muhaimin Iskandar di Jakarta dalam rangka konsolidasi Pemilu 2024. (Foto: Instagram/@puanmaharaniri)

FAKTA.COM, Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani secara terbuka melakukan pendekatan terhadap Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Hal itu diungkap Puan dalam agenda kunjungannya untuk bersilaturahmi ke kediaman Cak Imin, di Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023.

"Saya memahami, Cak Imin sudah atau PKB sudah menjalin kerjasama atau koalisi 11 bulan. Harus di tekankan 11 bulan, dengan partai Gerindra. Namun namanya politik itu dinamis, tentu masih ada kemungkinan-kemungkinan untuk dijalin," kata Puan usai makan siang bersama.

Puan menegaskan, jika pertemuan tersebut memang bentuk kunjungan politik yang akan bermuara pada mencari kesamaan visi-misi kedua partai menjelang Pemilihan Umum 2024 mengingat hubungan baik antara PDI Perjuangan dan PKB dalam koalisi 10 tahun terakhir. Puan mengatakan, telah menjadi titah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan semua ketua umum partai, termasuk PKB.

"Jadi ini salah satu hal yang saya lakukan menuju 2024, dan bagaimana nanti calon presiden Ganjar Pranowo bisa jadi pemenangnya," ujar Puan.

Tak hanya itu, Puan menyampaikan jika Cak Imin adalah kandidat kuat dari lima nama cawapres yang bakal mendampingi Ganjar dari PDI Perjuangan. " Saya serius waktu bilang salah satu kandidat yang masuk menjadi cawapresnya pak Ganjar itu Cak Imin."

Gibran Pastikan Sikap Dukung Ganjar Pranowo

Secara terbuka, Puan mengungkap jika partai banteng membuka lebar pintu koalisi bersama namun tentunya dengan saling menghormati langkah politik masing-masing partai. Terkait tenggat waktu pendaftaran calon, Puan akan terus melakukan komunikasi yang intensif dengan Cak Imin yang mana 4 November 2024 akan jadi genderang dimulainya pertarungan, pascapengumuman capres dan cawapres masing-masing.

"Jadi itu masih panjang, masih banyak yang harus kita lakukan namun saya meyakini, gak ada yang pernah salah melakukan silaturrahmi dan membicarakannya."

Menanggapi pernyataan Puan, Cak Imin pun mengamini dinamika yang sangat cair dalam perpolitikan, namun bulan Oktober 2023 (waktu pendaftaran di KPU) akan jadi penentu. Cak Imin pun menyambut baik kedatangan dan lobi-lobi politik PDI Perjuangan terhadap PKB, yang tentunya hasil pertemuan itu akan ia sampaikan kepada Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra yang telah lebih dulu berkoalisi dengan PKB.

"Kalau toh nanti ada titik temu baru antara PDIP dan PKB tentu saya akan bicarakan ke Pak Prabowo. Kapan dan bagaimana misalnya. Tapi sejauh ini Pak Prabowo pasti akan selalu menjadi tempat kita berkonsultasi dalam PKB mengambil sikap," kata Cak Imin.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//