Profil Kapten Timnas AMIN Syaugi, Eks Komandan Home of Fighters

Marsekal Madya Syaugi Alaydrus

FAKTA.COM, Jakarta - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) resmi menunjuk Muhammad Syaugi Alaydrus sebagai Kapten Timnas untuk Pilpres 2024.

"Ibarat sebagai sebuah tim sepak bola, ada line up nya. Kapten Timnas, bapak Marsekal Madya Syaugi Alaydrus." tutur Anies Baswedan di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 14 November 2023.

Syaugi Alaydrus bukan orang sembarangan, dirinya merupakan peraih adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 1984.

Dirinya meninggalkan dunia militer dengan pangkat 3 bintang di pundak alias Marsekal Madya (Marsdya) ketika menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Kabasarnas.

Syaugi Alaydrus Jadi Kapten Timnas Anies-Muhaimin

Pria kelahiran 10 Desember 1960 ini sempat memegang sejumpah jabatan strategis kala masih jadi perwira aktif.

Salah satunya ketika didapuk sebagai Komandan di Rumah Bagi Penerbang Tempur (Home of Fighters) Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Syaugi menghabiskan waktu cukup lama di Lanud Iswahjudi, sejak 25 Juli 2011 hingga 10 Desember 2012. Hal tersebut yang membuat dirinya sangat andal ketika menerbangkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon.

Setelah sukses di Jawa Timur, Syaugi dipindahtugaskan ke Jakarta Timur dengan menjadi Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I.

Koopsud I masuk ke dalam jajaran Komando Operasi Udara Nasional yang mencakup wilayah Indonesia bagian barat.

Setelah sukses di bidang operasi tempur, Syaugi beranjak ke Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada tahun 2014. Kala itu, dia ditunjuj sebagai Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan Keamanan atau Dirjen Renhan Kemhan RI.

Tugas dirinya ketika di Kemhan adalah merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perencanaan pembangunan dan pengelolaan anggaran pertahanan negara.

Tak hanya mahir di urusan tempur dan manajerial, Syaugi sempat ditugaskan menjadi Atase Pertahanan (Athan RI) di Moscow/Rusia pada 2004 lalu.

Ganjar-Mahfud Ajak Pendukung Maghrib Berjamaah Sebelum Kocok Nomor di KPU

Usai didapuk sebagai Kapten Timnas AMIN, Syaugi mengatakan, ia yakin dengan kolaborasi orang-orang yang menjadi penggawa di timnya mampu membawa pasangan Anies-Muhaimin ke Istana.

"Termakasih memberi kepercayaan kepada saya sebagai kapten Timnas Anies-Muhaimin. Saya yakin dengan kolaborasi semua, Insha Allah pasangan Amin bisa melaju sampai jadi presiden dan wakil presdein," kata Syaugi dalam sambutannya.

Anies-Muhaimin menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden yang pertama mendaftar di Komisi Pemilihan Umum dengan mengusung nama Koalisi Perubahan. Partai NasDem, PKB dan PKS jadi partai yang ada di balik suksesi mereka ditambah dua partai non parlemen, yaitu Partai Ummat dan Partai Masyumi.

Anies-Muhaimin bersama dua pasangan lainnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, hari ini 14 November akan bersama di KPU untuk mengikuti agenda kocok nomor pasangan di Pilpres 2024.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//