Polri Siapkan 444 Personel Jaga Tiga Pasang Capres-Cawapres

Dokumen Fakta.com

FAKTA.COM, Jakarta - Kepolisian RI siap membantu pengawalan para peserta Pilpres 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memerima penyerahan 444 personel keamanan untuk mengawal tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden. 

"KPU melakukan penandatanganan serah terima Satuan Tugas Pam Capres Cawapres. Berdasarkan Peraturan Presiden tentang pengamanan dan pengawalan capres cawapres," kata Komisioner KPU RI Mochammad Affiudin dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

KPU Resmi Tetapkan 3 Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden

Nantinya para capres  mulai Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto dan para cawapres mulai Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka nantinya akan diberi pengamanan khusus. Pemberian petugas keamanan tersebut telah disepakati oleh KPU dan Polri yang diwakilkan oleh Sekretaris Jenderal Bernad Dermawan dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran.

Afif menuturkan, pihak kepolisian akan menyerahkan 444 personel untuk melakukan pengamanan dan pengawalan capres cawapres.Nantinya, dari ratusan personel tersebut akan dibagi ke enam orang yang ikut dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengungkapkan bahwa jumlah personel memang merupakan hasil perhitungan Polri. Nantinya, 74 personel itu akan mengurusi sejumlah bidang, mulai dari protokoler hingga transportasi.

Jenderal Agus: TNI Netral di Pemilu 2024

"Pengawalan dan pengamanan masing-masing capres cawapres itu ada pengamanan personel, ada yang mengurusi protokolernya, waktu tempat kegiatan masing-masing capres-cawapres, demikian juga untuk transportasi dan lalu lintas, termasuk di dalamnya ada unit yang menangani kesehatan," jelas Hasyim.

Berikut ini adalah rincian 444 personel Polri yang disebar untuk melakukan pengamanan terhadap tiga pasangan calon. 

A. Pengamanan Capres

1. Anies Baswedan, 74 personel, dua tim.

2. Ganjar Pranowo 74 personel, dua tim

3. Prabowo Subianto 74 personel, dua tim.

B. Pengamanan Cawapres

4. Muhaimin Iskandar, 74 personel, dua tim

5. Mahfud MD, 74 personel, dua tim

6. Gibran Rakabuming Raka, 74 personel, dua tim.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//