KPU Resmi Tetapkan 3 Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden

Oleh Riezky Maulana - fakta.com
13 November 2023 17:30 WIB
KPU resmi tetapkan 3 pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang ikut Pilpres 2024. (Dokumentasi: Fakta.com/Riezky Maulana)

FAKTA.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tiga pasangan calon capres-cawapres yang berpartisipasi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Penetapan ini dilakukan setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan masing-masing pasangan, serta rapat pleno tertutup.

Adapun pasangan capres-cawapres yang ditetapkan KPU yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"KPU menyatakan bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang diusulkan oleh Partai Nasedm, PKB, PKS telah dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai pasangan capres cawapres untuk Pemilu 2024," ungkap anggota KPU RI, Idham Khalik dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023)

Jenderal Agus: TNI Netral di Pemilu 2024

"Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusulkan oleh partai politik PDIP, PPP, Perindo, Hanura telah dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai pasangan capres cawapres untuk Pemilu 2024," jelas Idham.

"Kemudian pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang diusulkan oleh Partai Gerindra, Golkar, PAN, PSI, PBB, Partai Demokrat dan Partai Garuda telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan capres dan cawapres untuk pemilu serentak 2024," tambahnya.

Sekadar informasi, pasangan Anies-Muhaimin tergabung dalam Koalisi Perubahan diusung oleh Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Koalisi ini memiliki total 167 kursi DPR RI atau 29,4 persen%.

Selanjutnya, pasangan Prabowo-Gibran tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PSI, PBB, Partai Demokrat dan Partai Garuda dengan total suara 42,67 persen.

KPU Tetapkan Paslon Capres-Cawapres Hari Ini

Sementara pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Koalisi PDIP, Partai Perindo, PPP dan Partai Hanura) dengan total suara 28,06 persen.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//