KPU: Presiden Ajak Warga Hindari Konflik di Pilkada 2024

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9/2024). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat menghindari konflik dan politik identitas selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Yang paling diatensi sebenarnya adalah kehati-hatian kita agar tidak terjadi konflik dan juga politik identitas agar tidak muncul kembali," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Afifuddin bersama jajaran anggota KPU menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9/2024), untuk melaporkan perkembangan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 kepada Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, Afifuddin mengatakan, Presiden mendukung penuh konsistensi KPU untuk melaksanakan tahapan pilkada sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Dharma-Kun Resmi Daftar KPU, Janji Gratiskan JIS untuk Jakmania

Selain itu, lanjut dia, Presiden juga meminta KPU melakukan pendidikan politik secara lebih masif lagi.

Dia mengatakan, Presiden juga meminta KPU memastikan hak warga terpenuhi dalam pilkada nanti.

"Artinya pendaftaran pemilih, kemudian sosialisasi itu juga bisa dimaksimalkan dan yang paling penting menghindari terjadinya konflik, konflik sosial ataupun dampak-dampak lain yang ditimbulkan oleh Pilkada 2024," ucap Afifuddin.

Hal-hal tersebut, kata dia, yang diberi catatan khusus oleh Presiden dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Diiringi Tanjidor dan Ondel-ondel, RK-Suswono Daftar Pilgub ke KPU Jakarta

Pada kesempatan itu, KPU RI juga menyampaikan perkembangan persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 yang tersisa 83 hari lagi.

KPU mengatakan bahwa tahapan-tahapan Pilkada Serentak 2024 yang sudah berjalan, termasuk perkembangan dari persiapan-persiapan tahapan terdekat, dan perkembangan laporan atau perkembangan pencalonan yang ada di daerah-daerah.

"Selanjutnya nanti akan kami siapkan semua persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Jadi, KPU RI hari ini menyampaikan perkembangan Pemilu 2024 sekaligus perkembangan persiapan Pilkada Serentak 2024," ujar Afifuddin. (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//