Kontradiktif! Elektabilitas Prabowo di Kalangan Muda Tinggi, Gibran Cuma 1,8%

GIbran dianggap belum mampu mendongkrak suara di kalangan milenial dan gen Z. (Dokumentasi: Fakta.com/Riezky Maulana)

FAKTA.COM, Jakarta - Calon Presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto meraup elektabilitas tertinggi di kalangan pemilih muda (milenial & gen z). Hal tersebut terungkap dalam. hasil survei terbaru Indonesia Political Opinion periode November 2023.

Rinciannya, Prabowo memperoleh elektabilitas sebesar 31,4 persen. Kemudian, disusul Ganjar Pranowo dengan 29,7 persen, dan Anies Baswedan di posisi terakhir dengan 21,7 persen.

Sementara itu, untuk elektabilitas calon wakil presiden (cawapres), Muhaimin Iskandar menjadi yang tertinggi di kalangan milenial dan gen z dengan torehan 3,1%.

Urutan kedua ada Gibran Rakabuming Raka yang mendapatkan persentase 1,8%. Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD, elektabilitasnya tidak mencapai angka 1% atau lebih tepatnya 0,7%.

AMIN Dapat Nomor Urut 1, Habib Aboe: Harapan Satu Putaran

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah menyebutkan, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa milenial dan gen z tidak memiliki hubungan langsung dengan kandidat anak muda.

"Prabowo yang usianya paling mapan, tokoh senior ternyata juga paling tinggi," papar Dedi di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023).

Lalu, Gibran yang memiliki usia paling muda dibandingkan lima calon lainnya malah hanya berhasil memperoleh elektabilitas dua paling bawah.

Dedi pun menilai pemilih Gibran sebagian besar adalah mereka yang memilih ayahnya, yaitu Joko Widodo.

"Dengan demikian mungkin, ini hanya saja asumsi ya, pemilih Gibran berarti pemilih bapaknya," katanya.

Sebagai informasi, pada survei IPO kali ini, sebesar 52% responden adalah kelangan muda, dengan rincian 33% millenial dan 19% gen z.

Hasil Kocok Nomor Urut Pilpres 2024: AMIN 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Survei ini dilakukan pada 10 sampai dengan 17 November 2023 terhadap 1.400 responden dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih2,50 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//