Komentar Para Pesaing Atas Deklarasi Prabowo-Gibran

Oleh Hafidz Mukti - fakta.com
22 Oktober 2023 20:32 WIB
Prabowo bersama Airlangga di pendeklarasian Gibran Rakabuming Raka oleh Partai Golkar, Sabtu (21/10/2013). (Dokumentasi: Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta - Koalilsi Indonesia Maju (KIM) resmi mendeklarasikan pasangan Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka di Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023). Peresmian pasangan ini mengenapkan ada tiga pasangan capres dan cawapres yang akan saling bersaing di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo merespons putra sulung Presiden Joko Widodo yang menjadi pasangan Prabowo. Menurutnya dalam negara demokrasi, semua memiliki hak politik untuk memilih dan dipilih.

“Semua warga negara punya hak ya, untuk ikut serta dalam sebuah kontestasi,” kata Ganjar, di Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu.

Menurutnya, kehadirdan Prabowo bersama Gibran diharapkan mampu membawa atmosfer pertarungan politik yang adil, sehat dan menyenangkan. “Mudah-mudahan kita akan bertanding, fair, sehat dan menyenangkan.”

Seluruh Ketum KIM Setuju Gibran Dampingi Prabowo

Mahfud MD selaku calon wakil presiden Ganjar pun menanggapi singkat, “sama, selamat bertanding.”

Sementara itu, calon presiden yang diusung Partai NasDem, PKB dan PKS, Anies Baswedan mengaku jika kondisi Gibran yang merapat mendampingi Prabowo tidak akan mempengaruhi koalisinya bersama Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

“Bagi kami, ga ada yang menguntungkan dan tidak menguntungkan,” kata Anies di Yogyakarta, Minggu.

KIM secara resmi mendeklarasikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Rencananya sejumlah partai pengusung pasangan ini akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023) mendatang.

"Secara konsensus, seluruh (partai koalisi) sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi Indonesia Maju 2024-2029, saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," kata Prabowo usai menggelar rapat bersama pimpinan partai dari KIM, Minggu (22/10/2023).

Breaking News: Prabowo-Gibran Daftar Capres-Cawapres Rabu Depan

Sebelumnya, pada Sabtu (21/10/2023) lalu, Partai Golkar resmi mengusung Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024. Hal tersebut diputuskan hasil rapat pimpinan nasional partai berlambang pohon beringin tersebut. 

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//