Janji Imin: AMIN Menang Petani Untung

Muhaimin Iskandar bersama para petani di Kutawaringin, Kabupaten Bandung. (Dok TIMNAS Amin)

FAKTA.COM, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar berdialog dengan sejumlah petani di komplek Stadion Si Jalak Harupat, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Rabu (3/1/2024). Ada beberapa hal yang diadukan kepada pria yang karib disapa Cak Imin ini.

Cak Imin menuturkan, petani mengeluhkan terkait dengan harga pupuk mahal dan  langka.

"Pertama kelangkaan pupuk sekaligus inovasi untuk mencari alternatif, ini yang harus disiapkan dan difasilitasi negara dan pemerintah," tutur Cak Imin.

Persoalan yang kedua adalah harga pokok produksi petani yang cenderung rugi ketimbang untung. Menurut dia, akibat hal itu maka harga jual petani ke masyarakat rendah.

Kenaikan Nilai Tukar, kok Petani Masih Gusar?

"Biaya produksi tinggi tapi harga jualnya rendah. Ini yang membuat petani enggak untung," katanya.

Wakil Ketua MPR ini pun berjanji bila nantinya dia dan Anies Baswedan menang pada kontestasi Pilpres maka hal itu tidak terjadi lagi. Sebab, seluruh produk pertanian akan dibeli oleh pemerintah.

"Kalau AMIN menang, ambil alih semua. Seluruh produk pertanian menjadi tanggung jawab pemerintah untuk membelinya. Sebab dengan posisi ini maka petani harus untung, sehingga mau dan terus berproduksi," ucapnya.

Dia menjelaskan, ketergantungan pangan nasional sangat besar. Oleh karenanya harus dijadikan skala prioritas nasional.

"Sehingga kita mengurangi ketergantungan kepada impor, sekaligus meningkatkan produksi pangan dan menyejahterakan para petani," jelasnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//