Breaking News: Prabowo-Gibran Daftar Capres-Cawapres Rabu Depan

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
22 Oktober 2023 20:17 WIB
Dokumen

FAKTA.COM, Jakarta - Koalisi Indonesia Maju (KIM) secara resmi mendeklarasikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Rencananya sejumlah partai pengusung pasangan ini akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023) mendatang. 

"Secara konsensus, seluruh (partai koalisi) sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi Indonesia Maju 2024-2029, saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," kata Prabowo usai menggelar rapat bersama pimpinan partai dari KIM, Minggu (22/10/2023). 

Sebelumnya, pada Sabtu (21/10/2023) lalu, Partai Golkar resmi mengusung Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024. Hal tersebut diputuskan hasil rapat pimpinan nasional partai berlambang pohon beringin tersebut. 

Komentar Para Pesaing Atas Deklarasi Prabowo-Gibran

"Bersama seluruh DPD, kami rapat tadi (Jumat, 20 Oktober malam) malam. Cukup lama, cukup hangat, semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk dipasangkan dengan Pak Prabowo,"  kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Selanjutnya pada Minggu ini, berdasarkan rapat pimpinan partai koalisi Indonesia maju di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, secara bulat diperoleh keputusan untuk mengusung Prabowo-Gibran. KIM merupakan gabungan koalisi dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gelora, serta disusul Partai Demokrat yang baru bergabung kemudian. 

Pasangan ini nantinya akan bersaing dengan dua pasangan calon yang sebelumnya telah resmi mendaftar ke KPU RI. Keduanya yaitu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Seluruh Ketum KIM Setuju Gibran Dampingi Prabowo

Probowo mengatakan, "Ini sekaligus deklarasi kami kepada masyrakat umum,  dan pada Rabu, 25 Oktober 2023, kami akan daftar ke KPU ."

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//