Hasil Kocok Nomor Urut Pilpres 2024: AMIN 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Tiga pasangan calon saat pengambilan nomor urut Pilpres 2024.

FAKTA.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) yang bakal berkontestasi di Pilpres 2024.

Pasangan yang mendapat nomor urut satu adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. 

Untuk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memperoleh nomor urut dua. Sedangkan nomor urut tiga diperoleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Adapun hal tersebut berdasarkan hasil pengundian nomor urut capres-cawapres yang digelar KPU pada Selasa malam 14 November 2023.

Sebelumnya, KPU terlebih dulu menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres dalam Pilpres 2024.

Setelah prosesi pengundian, KPU kemudian menetapkan nomor urut para pasangan calon tersebut.

Pantauan FAKTA.com di lokasi, sejumlah petinggi partai politik pengusung masing-masing capres-cawapres hadir. Seperti Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dari tim Ganjar-Mahfud. 

Perang Yel-yel 3 Paslon Capres-Cawapres Riuh di KPU

Adapula adik kandung Gibran sekaligus Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dari Koalisi Indonesia Maju. 

Sementara di tim  nasional AMIN ada Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi. 

Sekadar informasi, pasangan Anies-Muhaimin tergabung dalam Koalisi Perubahan diusung oleh Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Koalisi ini memiliki total 167 kursi DPR RI atau 29,4 persen%.

Selanjutnya, pasangan Prabowo-Gibran tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PSI, PBB, Partai Demokrat dan Partai Garuda dengan total suara 42,67 persen.

Sementara pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Koalisi PDIP, Partai Perindo, PPP dan Partai Hanura) dengan total suara 28,06 persen.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//