Elektabilitas PraGib 46,6%, Peluang Pilpres 1 Putaran Terbuka

Paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran. (Fakta.com/Rendi Sugiri)

FAKTA.COM, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru elektabilitas tiga paslon yang bertarung di Pilpres 2024. Hasilnya, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi yang tertinggi dengan persentase 46,6%.

Di posisi kedua ada Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang memiliki persentase 24,8%. Persentase 22,8 dipegang oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di urutan terakhir.

Sementara itu, dalam survei ini juga tercatat ada 5,3% responden lainnya memilih tidak menjawab atau tidak tahu, serta 0,5 persen suara tidak sah.

Direktur LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan bahwa kemungkinan Pilpres 2024 dimenangkan satu putaran oleh pasangan PraGib mulai terbuka.

Maruarar: Jokowi Paling Soekarno

"Saat ini satu bulan menjelang pencoblosan, 14 Februari 2024 kemungkinan Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran lebih terbuka lebar," ujar Ardian dalam paparan surveinya, Kamis (18/1/2024).

Dia menjelaskan, jika merujuk pada hasil survei ini, maka Prabowo-Gibran tinggal mengamankan sekitar 4% suara saja. Dengan demikian, angan-angan dari para pendukungnya untuk satu putaran bisa terlaksana.

"Karena tren elektabilitas Prabowo-Gibran semakin naik dan hanya butuh 4% lagi menembus the magic number 50% lebih, baik 50 lebih 1% atau 50 lebih 1 suara," jelasnya.

"Sebulan yang lalu kemungkinan Prabowo-Gibran menang satu putaran itu hanya harapan dari para pendukungnya saja," katanya melanjutkan.

Fluktuasi Elektabilitas Para Capres-Cawapres

Menurut Ardian, jika dibandingkan dengan survei satu bulan lalu, desember 2023 lalu ada kenaikan elektabilitas sebesar 5,4% untuk Prabowo-Gibran. Dia menjelaskan, jika angka 5% ini bisa terus dijaga, maka kemungkinan itu bisa saja terjadi.

"Jika, ternyata tidak mampu mempertahankan tren yang ada, ya kita masuk putaran kedua," ungkapnya.

Survei ini dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1.200 responden, margin of error survei ini sebesar 2,9%.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//