Elektabilitas Ganjar dan Anies Fluktuatif, Prabowo Naik Tipis

Capres Anies Baswedan

FAKTA.COM, Jakarta - Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan bahwa tingkat elektabilitas capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan fluktuatif.

Hal tersebut terungkap pada temuan survei terkini yang dilakukan Poltracking Indonesia pascapendaftaran resmi capres-cawapres.

Merujuk pada perbandingan survei Poltracking Indonesia per Juli 2023, Ganjar mendapat elektabilitas sebesar 35,9% dan Anies 15,3℅.

Jika pada bulan Juli Ganjar memperoleh persentase elektabilitas hampir 36%, maka di survei terbaru bulan November turun menjadi 31%. Padahal, di bulan September pria berambut putih ini memiliki persentasr 37℅.

Prabowo Geram: Kita Beli Senjata ke Spanyol, Amerika Malah ke Bandung

"Tren elektabilitas Ganjar Pranowo cenderung fluktuatif, tapi terakhir dari Bulan September ke November ada penurunan dari 37% menjadi 31% turun sekitar 6%," ungkap Hanta Yuda saat paparan hasil survei, Jumat 10 November 2023.

Hanta Yuda menuturkan, elektabilitas capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan juga mengalami hal yang serupa dengan Ganjar.

Namun, fluktuasi yang diperoleh Anies cenderung positif. Dimana, pada bulan Juli 2023 hanya mendapat 15,3%.

Usai mendeklarasikan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jadi cawapres mengalami kenaikan. Pada survei di bulan September, elektabilitas Anies berada di angka 19,9%.

Kemudian, pada survei terkini bulan November, elektabilitas Anies mencapai 25,7%.

"Agak fluktuatif, tapi trennya mulai Juli, September, November kenaikan anies baswedan relatif cukup tajam, terakhir kenaikannya hampir 6%, sekarang kenaikannya 5,8%," ungkapnya.

Untuk Prabowo Subianto jadi satu-satunya Capres yang memiliki tren kenaikan ihwal elektabilitas.

Menurut Hanta Yuda, capres dari Koalisi Indonesia Maju ini elektabilitasnya cenderung naik sejak bulan Maret 2023.

Jejeran Pengusaha Muda di TPN Ganjar-Mahfud

Pada bulan Juli 2023, elektabilitas Prabowo berada di angka 37,5%. Kemudian, di bulan September bertambah 1,4% menjadi 38,9 %.

Selanjutnya, di survei terkini Poltracking, Menteri Pertahanan itu memiliki tingkat elektabilitas sebesar 41,7%.

"Prabowo Subianto itu trennya naik sejak bulan Maret 2023, konsisten naik. Meskipun tidak begitu tinggi angka kenaikannya, di November kenaikan 2,8% dari 38,9 jadi 41,7%," jelasnya.

Sebagai informasi, survei Poltracking Indonesia digelar sejak 28 Oktober sampai dengan 3 November Oktober 2023 dengan melibatkan 1.220 responden.

Para responden dipilih dengan metode stratified multistage random sampling. Para responden merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan kriteria berusia di atas 17 tahun dan sudah memiliki hak pilih.

Cak Imin untuk Kaesang: Welcome to the Jungle

Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung. Adapun margin of eror survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//