Coklit Rampung, Pemilih Pilkada Jakarta 8,3 Juta Orang

Rapat Pleno Verifikasi Faktual KPU DKI Jakarta, Rabu (24/7/2024). (Dewi Yugi Arti/Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur berakhir, Rabu (24/7/2024).

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi DKI Jakarta, Fahmi Zikrillah mengatakan, coklit di Kota Jakarta telah selesai 100 persen.

"Alhamdulillah, proses coklit di DKI Jakarta per hari ini jam 16.00 sudah rampung 100%. Sebanyak 8.315.669 data pemilih yang tersebar di 14.775 TPS se Jakarta telah tercoklit oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih)," kata Fahmi di KPU Provinsi DKI Jakarta, Rabu (24/7/2024) malam.

Masing-masing Partai Punya Kepentingan, KIM Pecah Suara di Pilkada

Fahmi menambahkan, angka tersebut kemungkinan akan berubah sesuai hasil coklit di lapangan. Setelah coklit berakhir, berikutnya PPS akan menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran. 

"Hasil coklit tersebut menjadi bahan bagi kami untuk melakukan rekapitulasi dan menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) secara berjenjang, mulai dari kelurahan hingga nanti di provinsi," jelasnya.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dijadwalkan dimulai tanggal 1-3 Agustus di tingkat PPS (kelurahan), 5-7 Agustus di tingkat PPK (kecamatan), 9-11 Agustus di tingkat KPU kabupaten/kota dan 14-17 Agustus di tingkat provinsi.

Mukernas PKB, dari Evaluasi Pemilu hingga Pilkada 2024

Setelah itu, KPU Provinsi DKI Jakarta akan mengumumkan DPS kepada masyarakat melalui website, media sosial, maupun ditempel di papan pengumuman kelurahan ataupun RT/RW setempat.

Fahmi pun mengimbau kepada warga Jakarta untuk mengecek secara mandiri, apakah namanya sudah terdaftar atau belum di dalam daftar pemilih. 

"Saya mengajak seluruh masyarakat Jakarta untuk mengecek namanya terdaftar atau belum terdaftar melalui website: cekdptonline.kpu.go.id. Apabila belum terdaftar dapat segera melaporkan ke PPS, PPK ataupun KPU kota setempat," pungkas Fahmi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//