Anies Siap Maju di Pilgub Jakarta, Masihkah Usung Agenda Perubahan?

Anies Baswedan bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Foto: Antara)

FAKTA.COM, Jakarta – Pengamat politik dari Unpad Firman Manan menyebut Anies Baswedan sebagai calon potensial untuk memenangkan Pilgub Jakarta 2024. Sebab, kata dia, Anies merupakan petahana yang memenangkan pilgub sebelumnya.

“Elektabilitas Anies masih menempati posisi tertinggi di survei warga Jakarta,” kata Firman, saat dihubungi Fakta, Kamis (13/6/2024).

Disinggung apakah Anies akan kembali dengan visi misi perubahan jika maju menjadi cagub DKI, Firman menilai,  kemungkinan kecil terjadi. Sebab, kata dia, levelnya berbeda dengan Pilpres 2024 kemarin.

Saat Pilpres 2024, Anies berada pada posisi penantang, sehingga ia mengeluarkan agenda-agenda perubahan bersama Koalisi Perubahan. Namun, posisi Anies dalam Pilgub Jakarta 2024 adalah sebagai petahana.

Pilkada Jakarta 2024, PKB DKI: Mudah-mudahan Anies-Kaesang

“Ini menarik sebetulnya, karena lazimnya visi misi petahana adalah melanjutkan apa yang sedang dikerjakan olehnya sebelumnya,” ujar Firman.

“Apa yang sudah Anies kerjakan di periode sebelumnya, maka akan dilanjutkan. Apa yang belum direalisasikan, maka akan direalisasikan di periode mendatang apabila ia terpilih kembali,” sambungnya.

Firman menambahkan, Koalisi Perubahan dibentuk untuk level nasional, sedangkan Pilgub Jakarta untuk pertarungan level daerah.

“Jadi sepertinya untuk Pilgub DKI Jakarta 2024 ini Anies lebih ingin melanjutkan program-program yang ia garap sebelumnya dibandingkan dengan membuat agenda perubahan,” ucapnya.

PKB Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Kemudian, apabila Anies terpilih kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta, maka ia perlu menyesuaikan dengan status Jakarta yang sebentar lagi sudah tidak menjadi ibukota.

Selain itu, Jakarta juga kini memiliki kota-kota satelit yang disebut sebagai kawasan aglomerasi, yaitu Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Purwakarta, dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

“Dulu saat Anies menjabat, Jakarta masih ibukota. Sekarang kan tidak karena akan jadi Daerah Khusus Jakarta. Mungkin akan ada agenda perubahan, tapi akan ada adjustment karena Kaesang juga bergabung di koalisi ini,” tukasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan siap menjadi calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024 seusai menerima dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//