Anies Penampil Terbaik Debat Capres, Gibran Cawapres

Paslon capres-cawapres. (Fakta.com/Putut Pramudito)

FAKTA.COM, Jakarta - Indikator Politik Indonesia memaparkan data hasil survei kepada masyarakat mengenai debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024. Masing-masing debat itu berlangsung pada 12 dan 22 Desember 2023.

Hasil survei menunjukkan bahwa hanya ada 42,3% yang menonton para capres beradu gagasan. Sedangkan 57,7% menyatakan tidak menonton.

"42,3 persen pemilih yang menyaksikan debat capres 12 Desember lalu,” ungkap Direktur Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers daring, dikutip Rabu (27/12/2023).

KPU Klarifikasi Soal TKI Taiwan Terima Surat Suara Lebih Awal

Merujuk responden yang menonton debat capres perdana, mayoritas menyatakan Anies Baswedan menjadi penampil terbaik. Capres nomor urut 1 memperoleh 35,5%.

Di posisi kedua ada Prabowo Subianto yang mendapat persentase 28,9%. Sementara Ganjar Pranowo berada di posisi buncit dengan hanya memiliki persentase sebesar 26,9, serta sisanya 8,7% memilih tak menjawab.

"Prabowo dan Ganjar itu selisihnya tipis, tidak signifikan,” kata Burhan.

Dirinya menuturkan, mayoritas responden telah memiliki preferensi masing-masing. Sebagai contoh, basis PDI-P menganggap pemenang debat adalah Ganjar Pranowo.

Di kesempatan yang sama, basis Gerindra menilai sang ketua umum lah yang memiliki penampilan terbaik.

Untuk debat cawapres, angka yang responden yang menonton jauh lebih sedikit, yakni 35,9%. Untuk yang tidak menonton berjumlah 63,9%.

Nah, dari jumlah di atas responden menilai bahwa cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang terbaik saat debat. Putra sulung ini mendapatkan angka 56,2%.

Tak Seperti Capres, Debat Cawapres Bisa Bawa Kertas dan Alat Tulis

Persentase tertinggi kedua adalah cawapres Ganjar, Mahfud MD yang memperoleh 24,2%. Muhaimin Iskandar menduduki urutan terbawah dengan hanya 12,3%, dan 7,3% memilih tidak menjawabnya.

Sekadar informasi, survei yang digelar oleh Indikator Politik dilakukan pada periode pada 23-24 Desember 2023. Jumlah respondennya adalah 1.217.

Survei dilakukan dengan metode random digit dialing dan double sampling, dengan usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki ponsel. Margin of error lebih kurang lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan ada di angka 95%.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//