5 Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres 2024, Siapa Unggul?

3 Paslon di Paku Integritas KPK. (Fakta.com/Riezky Maulana)

FAKTA.COM, Jakarta - Sejumlah lembaga silih berganti merilis hasil survei terkait elektabilitas paslon yang berkontestasi di Pilpres 2024. Kurang lebih satu bulan jelang hari H pemungutan suara, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tercatat menjadi yang tertinggi.

Redaksi Fakta.com coba merangkum lima hasil survei elektabilitas terbaru para paslon. Ada yang menyebut kemungkinan Pilpres 2024 terjadi hanya satu putaran, ada pula yang tidak.

Begitu pula dengan catatan elektabilitas Prabowo-Gibran yang disebut mengalami stagnasi ketimbang paslon lain, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Charta Politika: Elektabilitas AMIN dan GaMa Naik, PraGib Stagnan

Kendati demikian, mayoritas elektabilitas kedua paslon itu masih terlampau jauh dengan Prabowo. Baik AMIN dan GaMa hanya saling berebut posisi kedua di sejumlah hasil survei.

Berikut adalah elektabilitas ketiga paslon merujuk pada lima survei per Januari 2024:

1. Polltracking

Hasil survei yang dilakukan oleh Polltracking Indonesia menyatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran berada di puncak. Elektabilitas pasangan Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta ini menyentuh angka 46,7%.

Sedangkan untuk posisi kedua disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,9%. Sedangkan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga menempati urutan ketiga dengan elektabilitas 20,6%.

Paslon Anies-Muhaimin mengalami kenaikan sebesar 3,8%. Begitupun dengan Prabowo-Gibran yang naik tipis elektabilitasnya sebesar 1,5%.

Sedangkan Ganjar-Mahfud masih penurunan jika dibandingkan periode survei sebelumnya di Desember 2023. Di mana penurunan ada di angka 6,7%.

Survei ini dilakukan pada awal tahun 2024, tanggal 1-7 Januari 2024 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Sampel survei ini berjumlah 1.220 responden dengan margin of error kurang lebih 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

2. Indikator Politik Indonesia

Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas capres-cawapres terbaru periode 10-16 Januari 2024. Adapun metodenya menggunakan simulasi surat suara mirip seperti yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Survei Indikator: Elektabilitas PraGib Stagnan, AMIN Naik, GaMa Turun

Prabowo-Gibran ada posisi pertama dengan suara 48,55%. Anies-Muhaimin berada di urutan kedua, denga persentase 24,17. Lagi-lagi Ganjar-Mahfud di urutan buncit dengan perolehan 21,60%.

Sebagai informasi, survei dilakukan seusai debat ketiga Pilpres 2024 melibatkan basis 1.200 orang dari seluruh provinsi Indonesia. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

3. Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Elektabiltas Prabowo-Gibran mencapai 47% pada hasil survei yang dilakukan oleh LSI. Untuk pasangan dengan akronim AMIN memperoleh 23,2% dan Ganjar-Mahfud kembali berada di urutan terakhir 21,7 persen.

LSI mencatat ada tren kenaikan elektabiltas terhadap pasangan Prabowo-Gibran bila dibandingkan dengan periode survei Desember 2023 yang hanya 45,6%.

Tren kenaikan juga dialami oleh AMIN. Elektabilitasnya naik sekira satu persen dari 22,3% menjadi 23,2%.

Merujuk data LSI, Ganjar-Mahfud menjadi satu-satunya paslon yang mengalami penurunan elektabiltas. Sekiranya hampir satu persen, dari yang tadinya 23,8% kini menjadi 21,7%.

Survei dilakukan dengan wawancara via telepon telepon dan digelar pada 10-11 Januari 2024. Sebanyak 1.206 responden yang dipilih secara acak melalui metode double sampling pun terlibat.

Margin of error hasil survei ini kursng lebih adalah 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

4. LSI Denny JA

Hasil survei terbaru yang dirilis oleh Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menunjukkan elektabilitas paslon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul ketimbang dengan dua kandidat lain. Tentang keunggulanya pun sekitar 20% lebih.

LSJ Sebut Elektabilitas PraGib Tembus 50,3%, Bisakah 1 Putaran?

Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas 46,6 persen. Akan tetapi, berbeda dari tiga hasil survei di atas. Kali ini, elektabilitas Ganjar-Mahfud mengungguli AMIN dengan 24,8% berbanding 22,8%.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan sejak 3 hingga 11 Januari 2024 dengan metode tatap muka terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia.

Ribuan responden diberikan replika surat suara dan melakukan simulasi pencoblosan. Besaran margin of error-nya adalah 2,9%.

5. Charta Politika

Sama seperti empat lembaga lain, Charta Politika memotret bahwasanya elektabilitas paslon Prabowo-Gibran berada di posisi teratas. Untuk survei yang berlangsung pada 4-11 Januari ini, keduanya memperoleh persentase elektabilitas sebesar 42,2%.

Kemudian, urutan kedua ada paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo- Mahfud MD dengan elektabilitas di angka 28%. Sementara itu, Anies-Muhaimin elektabilitasnya berada di angka 26,7%.

Survei berlangsung sejak tanggal 4-11 Januari 2024, melalui wawancara tatap muka secara langsung. Adapun Jumlah sampel sebanyak 1220 responden, yang tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat dengan margin of error 2,82%

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//