3 Capres dan 18 Parpol Resmi Deklarasi Pemilu Damai

Kirab Kampanye Damai Pemilu 2024, di Gedung KPU RI, Jakarta 27 November 2023. (Dokumentasi: Fakta.com/Ilham Fadillah)

FAKTA.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024. Acara kirab ini dihadiri oleh tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, partai politik peserta Pemilu, serta calon anggota DPD.

Dalam acara deklarasi tersebut dimulai dengan kirab bendera 18 partai politik peserta pemilu yang juga masuk ke dalam rekor MURI. Kirab bendera partai politik tersebut tiba di KPU pada pukul 15.27 WIB dengan diiringi marching band.

Kirab Pemilu ini akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Rekor MURI oleh pendiri MURI, Jaya Suprana.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari langsung menerima piagam penghargaan rekor MURI. Penghargaan ini diberikan terkait kirab bendera pemilu secara estafet melalui daerah terbanyak.

Ribuan Relawan Ganjar-Mahfud Hadiri Rakornas di JiExpo

"Terus terang saya belum pernah menyaksikan suatu penyelenggaraan pemilu seperti hari ini. Terima kasih kepada KPU, terima kasih, anda membuat saya bangga menjadi warga bangsa Indonesia," ujar pendiri MURI Jaya Suprana di Gedung KPU, Jakarta, Senin (27/11/2023).

"Rekor hari ini jelas bukan rekor sembarang rekor, dan bukan rekor Indonesia tapi rekor dunia," sambungnya.

Hasyim mengtakan tujuan diadakannya Kirab Pemilu 2024 ini adalah untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa KPU siap menyelenggarakan Pemilu pada 14 Februari 2024. Selain itu juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait 18 partai politik yang menjadi peserta Pemilu.

Kirab bendera partai politik ini telah dimulai sejak 14 Februari 2023 dari 7 rute di seluruh wilayah Indonesia. Bendera-bendera partai politik berangkat dari 7 titik keberangkatan, kemudian mengelilingi wilayah Indonesia sampai tiba di Kantor KPU RI.

Diketahui, KPU telah menetapkan masa kampanye Pemilu 2024 selama 75 hari dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dan akan diakhiri dengan pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Deklarasi Pemilu 2024 ini dibacakan oleh Ketua KPU Hasyim Asyari dan diikuti oleh para capres dan cawapres 2024. Kemudian diteruskan dengan penandatangan dokumen deklarasi.

Sejumlah Jalan di Tutup Jelang Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024

Penandatangan juga melibatkan seluruh perwakilan partai peserta Pemilu 2024.

Berikut isi dari Deklarasi Kampanye Damai 2024:

1. Mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

2. Melaksanakan kampanye Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA dan tanpa politik uang

3. Melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Sebelum deklarasi damai KPU, ketiga pasangan capres-cawapres 2024 menandatangani Deklarasi Kampanye Damai Tertib dan Taat Hukum peserta Pemilu 2024, dalam Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Hotel Grand Sahid Jaya di Jakarta pada hari yang sama. (ILM)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//