POINTER: Selamat Datang di Era Suku Bunga Tinggi

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
24 November 2023 13:16 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Putut Pramudiko)

FAKTA.COM, Jakarta - Ekonomi global yang tak pasti, dengan tensi tinggi geopolitik, membuat kebijakan moneter dan fiskal memperkuat sinergi. Langkah ini pada akhirnya mendatangkan era suku bunga tinggi.

Kondisi ini terjadi saat Bank Indonesia memutuskan penaikan suku bunga acuan (BI 7 Day Reverse Repo Rate/BI7DRR) ke level 6%, setelah sembilan bulan bertahan di level 5,75%. Terbaru, bank sentral mempertahankan bunga acuan 6% atas hasil keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) 22-23 November 2023.

Menyoal keputusan itu, Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan, "Ini sebagai langkah pre-emptive dan forward looking untuk memitigasi dampaknya terhadap inflasi barang impor (imported inflation), sehingga inflasi tetap terkendali dalam sasaran 3% plus minus 1% pada 2023 dan 2,5% pada 2024," ujarnya.

Sah, BI Pertahankan Bunga Acuan di Level 6 Persen

Bahkan, Perry memberi sinyal potensi kenaikan bunga acuan lebih lanjut sebelum tutup tahun. "Kita harus melihat ke depan ada beberapa risiko, seperti imported inflation yang paling besar. Imported inflation sendiri ada dua, yaitu harga pangan dan energi global serta depresiasi nilai tukar rupiah," kata Perry.

Era suku bunga tinggi telah disinggung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati saat menghadiri agenda Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Amerika Serikat. Sri Mulyani menyebut kondisi ini sebagai higher for longer yang bisa memerosotkan posisi fiskal beberapa negara.

Arti Higher for Longer yang Disebut Sri Mulyani di Pertemuan APEC

Gambaran itu, bahkan telah menjadi perhatian Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang terdiri dari Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Simpanan. Dampak paling nyata, aliran modal asing keluar dari emerging markets ke negara maju dan mendorong penguatan signifikan dolar AS terhadap berbagai mata uang dunia.

Belum lagi dampak pada kenaikan bunga kredit yang bisa menahan laju daya beli dan pertumbuhan industri.

Terlepas dari itu semua, masih ada kabar baik bagi kebijakan moneter dan fiskal Indonesia. Terutama jika melihat potensi kenaikan bunga acuan The Fed yang mulai terbatas.

BI Lega, Potensi Kenaikan Bunga Acuan The Fed Tinggal 10 Persen

Dari sini, Gubernur BI, Perry menilai, keputusan mempertahankan bunga acuan di level 6% cukup tepat untuk mengelola risiko beberapa waktu ke depan.

Di sisi lain, Menkeu, Sri Mulyani telah menegaskan upaya pemerintah dalam mengoptimalkan APBN sebagai katalisator mempercepat transformasi perekonomian.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//