Telkom Janjikan Dividen Besar Lagi di Tahun Depan, Segini Angkanya

Gedung Telkom. (Dokumen Telkom)

FAKTA.COM, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk membagi dividen kepada para pemegang sahamnya. Perkiraan perseroan, rasio dividen berkisar 70%-80% dari laba bersih.

Sebagai informasi, Telkom telah merealisasikan pembagian dividen 72% dari laba bersih 2023 Rp17,68 triliun. Adapun laba bersih Telkom periode tersebut mencapai Rp24,56 triliun.

Komitmen itu disampaikan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom, Heri Supriadi  dalam ajang Public Expose Live 2024, Senin (26/8/2024).

Menurut Heri, rencana itu sejalan dengan kinerja perseroan hingga Juni 2024. Telkom membukukan pertumbuhan positif sebesar 2,5% YoY menjadi Rp75,3 triliun.

Laba Turun Lagi, Telkom Kembali Ungkap Kondisi Investasi Telkomsel di GOTO

Kinerja perseroan tersebut utamanya didukung oleh kontribusi bisnis Data, Internet & IT Services dengan pendapatan Rp45,5 triliun atau tumbuh 9,2%.

Namun Heri juga memperkirakan pertumbuhan di low single digit untuk semester kedua tahun 2024, meskipun ada penurunan di bisnis legacy. EBITDA margin diharapkan tetap kuat pada kisaran 50%-52%.

“IndiHome, sebagai layanan fixed broadband andalan Telkom, saat ini menguasai sekitar 70% pangsa pasar di Indonesia,” kata Heri.

Telkom Percepat Pembayaran Dividen, Silakan Catat Jadwal Terbarunya!

Dalam bisnis sektor data center, Telkom sedang dalam proses menambah kapasitas hyperscale data center di Cikarang sebesar 18 MW yang diharapkan selesai tahun ini, serta membangun fasilitas serupa di Batam yang ditargetkan siap pada akhir tahun depan.

“Kami berharap dapat menguasai 15%-20% market share dari suplai domestik, dengan didorong oleh permintaan dari pasar regional seperti Singapura,” ucap Heri.

Adapun untuk mempercepat pertumbuhan di bisnis ini, Telkom melihat pentingnya menggandeng strategic partner yang dapat membawa keahlian operasional, kapabilitas strategis, serta akses ke pasar global.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//