Menangkap Peluang Investasi Saham dari Program Makan Bergizi Gratis

Ilustrasi. (Dokumen BNI Sekuritas)

FAKTA.COM, Jakarta - Di awal pemerintahan Prabowo Subianto, kebijakan pemindahan sebagian subsidi ke program Makan Bergizi Gratis (MBG) menjadi sorotan utama. 

Kebijakan ini mencerminkan arah baru sektor investasi yang berbeda dari fokus infrastruktur di masa awal pemerintahan Joko Widodo.

Menurut Vice President PT Infovesta Utama, Wawan Hendrayana, hal tersebut akan mendongkrak sektor barang konsumsi karena meningkatnya permintaan terhadap produk-produk makanan dan minuman bergizi. 

Namun meski potensi peningkatan di sektor consumer goods, Wawan menekankan pentingnya melihat lebih jauh daripada mengikuti hype awal yang mungkin ditimbulkan oleh kebijakan baru. 

"Investor biasanya kembali memperhatikan tiga faktor utama dalam memilih saham, yaitu fundamental perusahaan, prospek bisnis ke depan, dan likuiditas saham," kata Wawan saat di Bursa Efek Indonesia ke awak media, Senin (2/9/2024).

Tak Hanya Makan Bergizi Gratis, Ini Beberapa Program Prioritas Prabowo

Mengacu pada pengalaman di masa pemerintahan Joko Widodo, ketika fokus pada infrastruktur di awal masa jabatan kemudian memudar, perhatian investor kembali beralih ke sektor-sektor yang menunjukkan kekuatan fundamental dan potensi pertumbuhan. 

Wawan menekankan respons pemerintahan Prabowo terhadap persaingan antara Amerika Serikat dan China juga harus diwaspadai dan hati-hati.

“Pendekatan yang seimbang sangat diperlukan untuk memastikan Indonesia tidak dirugikan,” ujar Wawan.

Menyoal Susu yang Tak Dipaksakan Masuk Program Makan Bergizi Gratis

Seperti diketahui, MBG menjadi salah satu program prioritas pemerintahan Prabowo. Program ini bahkan telah disiapkan dengan anggaran Rp71 triliun.

Dalam beberapa informasi, program ini akan mengalir ke beberapa kementerian dan lembaga. Bahkan, saat ini sudah terbentuk Badan Gizi Nasional.

Namun, baik pemerintahan saat ini maupun tim transisi pemerintahan masih belum menjelaskan mengenai rincian lebih lanjut MBG.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//