Mau Tahu Cara Mengatasi Saham Nyangkut? Simak Tip Berikut Ini

Ilustrasi investasi saham. (Dokumen Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta – Apakah Anda investor saham? Bagaimana portofolio investasi Anda?

Apakah Anda salah satu investor yang terjebak atau "nyangkut" di saham? Jika iya, simak beberapa tip untuk menghadapi situasi tersebut yang disampaikan Head of Investment Information PT Mirae Asset Sekuritas, Martha Christine.

Mengutip berbagai sumber, nyangkut dalam investasi saham berarti sulit melepas saham yang kita miliki. Kondisi ini terjadi karena harga saham terus merosot, sementara transaksi jual beli minim, dengan antrean yang cukup panjang.

Menurut Martha, langkah yang diambil sangat bergantung pada jenis saham yang dimiliki.

"Tergantung sahamnya. Kalau gorengan berat, apalagi sudah di bawah Rp50," ujarnya pada Media Day Mirae Asset, Kamis(12/9/2024).

Menangkap Peluang Investasi Saham dari Program Makan Bergizi Gratis

Martha menjelaskan, dalam kondisi seperti itu, maka keputusan untuk bertahan atau melepas harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Namun, untuk saham-saham yang lebih stabil, Martha menyarankan investor untuk selalu memperhatikan sektor dari saham tersebut.

"Pilih saham yang berada di posisi nomor satu atau dua di sektornya. Jika nyangkut, lihat apakah sektor tersebut masih memiliki prospek ke depannya," tutur Martha.

IHSG Ambrol, Waspadai Sektor Saham Ini Agar Kantong Gak Jebol

Selain itu, Martha juga menyarankan untuk membandingkan kinerja saham yang dimiliki dengan pesaingnya di sektor yang sama.

"Bisa dilihat kinerja dan prospeknya apakah masih ada lalu lihat pesaingnya kita lihat pergerakannya," kata Martha menambahkan.

Jika seluruh saham di sektor tersebut mengalami penurunan, maka kemungkinan besar penurunan disebabkan oleh kondisi sektor secara keseluruhan, seperti yang terjadi pada sektor teknologi yang belakangan ini sedang menurun.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//